Setahun Perang Gaza, Paus Fransiskus Kembali Serukan Gencatan Senjata

KOTA VATIKAN, virprom.com – Setahun telah berlalu sejak perang di Gaza, dan Paus Fransiskus sekali lagi menyerukan gencatan senjata segera dalam konflik antara Israel dan Hamas. 

Paus Fransiskus mendesak masyarakat internasional untuk menghentikan aksi pembalasan saat doa penutup di Lapangan Santo Petrus di Vatikan pada Minggu (10/06/2024).

Ia juga menyerukan diakhirinya konflik bersenjata yang dapat menjerumuskan kawasan Timur Tengah ke dalam perang yang lebih besar.

Baca juga: 10 Sorotan Tahun Perang Gaza

Ingat, masih banyak sandera di Gaza, saya menyerukan agar mereka segera dibebaskan, kata Paus Fransiskus, seperti dikutip kantor berita Antara mengutip Sputnik-OANA.

Setahun lalu, pada 7 Oktober 2023, Israel menjadi sasaran serangan roket Hamas dari Jalur Gaza.

Saat itu, kelompok perlawanan Palestina juga melintasi perbatasan dengan Israel, menyerang dan menculik warga.

Menurut Israel, sekitar 1.200 orang tewas dalam serangan Hamas tahun lalu.

Israel kemudian melancarkan serangan balik.

Kenyataannya, jumlah korban tewas di Gaza jauh lebih tinggi setelah Israel memulai operasi militer di Gaza dan memberlakukan blokade total terhadap wilayah kantong Palestina.

Menurut data Kementerian Kesehatan Gaza yang dikuasai Hamas, lebih dari 41.800 warga Palestina telah kehilangan nyawa dalam serangan Israel sejak 7 Oktober tahun lalu.

Baca juga: Awal Perang Gaza, Ribuan Orang Memenuhi Kota-Kota Besar Dunia Tuntut Gencatan Senjata

  Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top