Besok, Paus Fransiskus Dijadwalkan Kunjungi Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Katedral

JAKARTA, virprom.com – Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengungkapkan, Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik, akan mengunjungi Terowongan Majelis Masjid-Katedral Istiqlal pada Kamis (5/9/2024).

Nasaruddin mengatakan, Paus Fransiskus sangat terkesan dengan terowongan yang menghubungkan kedua tempat ibadah tersebut.

Insya Allah Paus (Francis) akan mengunjungi terowongan tersebut. Karena ini terowongan toleransi pertama di dunia, dan lengkap dengan simbol-simbol yang sangat artistik, beliau sangat terkesan untuk berkunjung dan masuk, kata Nasaruddin pada upacara Presiden. Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Baca juga: Jokowi Akan Dampingi Paus Fransiskus di Acara Istiqlal dan GBK

Masjid Istiqlal telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk kunjungan tersebut, termasuk melakukan latihan bersih menyambut Paus Fransiskus dalam perjalanan apostoliknya pada hari ketiga di Indonesia.

“Kita sudah punya semuanya, jadi gladi bersihnya sudah selesai,” ucapnya.

Sebagai informasi, terowongan persahabatan merupakan terowongan bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Baca juga: Uskup Agung Jakarta Terkesan dengan Pidato Paus Fransiskus di Istana Negara

Sebagai informasi, Terowongan Silaturahmi merupakan terowongan bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Terowongan ini dibangun dengan panjang 28,3 meter, tinggi 3 meter, lebar 4,1 meter, dengan total luas terowongan 136 meter persegi dan luas perlindungan serta terowongan mencapai 226 meter persegi.

Jarak terdekat dari pintu masuk terowongan ke Katedral Jakarta adalah 32 meter, sedangkan jarak terdekat dari gerbang Masjid Istiqlal adalah 16 meter. Pintu masuk terowongan didesain dengan gaya modern dan menggunakan material transparan.

Pembangunan terowongan dimulai pada 15 Desember 2020 dengan perkiraan biaya Rp37,3 miliar. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top