Tinjau RSUD di Barito Timur, Jokowi Soroti Kurangnya Dokter Spesialis

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang di Kabupaten Barito Timur pada Kamis (27 Juni 2024).

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memastikan bahwa rumah sakit siap menampung dan mengoperasikan peralatan medis canggih yang akan segera dikerahkan pihak berwenang.

“Ya, kami ingin mengerahkan peralatan medis modern, termasuk laboratorium kucing, mamografi, CT scan, dan MRI. Kita perlu melihat kesiapan rumah sakit, baik bangsal maupun gedungnya, dan kita ingin melihat semuanya melalui pengambilan sampel. Kata Jokowi. Hal ini seperti dilansir dari tayangan YouTube Sekretaris Gedung Biru.

BACA JUGA: Jokowi Undang KPK Usut Kasus Korupsi Bansos Presiden

Presiden juga menekankan pentingnya memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit yang menerima peralatan kesehatan tersebut.

Jika rumah sakit dinilai kekurangan atau tidak siap, Menteri Kesehatan akan melakukan pemerataan di kemudian hari.

“Kalau kita kirim peralatan, sumber daya manusianya ada yang tidak? Ada yang siap, ada yang belum siap. Ada yang cukup, tapi masih banyak yang belum cukup. Itu yang akan dikejar Menkes,” kata Jokowi. .

Kepala negara memiliki 13 dokter spesialis di RSUD Tamiang Layang, misalnya.

BACA JUGA: Rumah Pensiunan Jokowi Mulai Dibangun. Sekretariat Negara: Presiden sendiri yang memilih lokasinya

Namun, rumah sakit masih kekurangan staf khusus di beberapa bidang penting, termasuk kardiologi, neurologi, dan onkologi.

“Sebenarnya banyak kasus seperti itu, dan tidak ada, terutama untuk jantung, saraf, dan kanker. Di mana-mana juga sama. Jadi, seperti yang saya katakan sebelumnya, harus banyak mencari dokter spesialis,” dia menjelaskan. presiden.

Acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Direktur Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Bupati Barito Timur Indra Gunawan. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top