Dampak Penggunaan BBM yang Tidak Sesuai Spesifikasi Mobil

SOLO, virprom.com – Setiap mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga konsumsi bahan bakar (BBM) perlu disesuaikan agar tetap berjalan dengan baik.

Jika menggunakan oli yang tidak sesuai dengan ketentuan atau anjuran pabrikan, dikhawatirkan pembakaran mesin tidak sempurna dan penggunaan oli menjadi tidak efektif.

Iwan, Pemilik Klinik Otomotif Iwan Motor Honda mengatakan, penggunaan oli yang tidak memenuhi spesifikasi akan mempengaruhi performa mesin.

Baca juga: Rasakan Kenyamanan Jimny 5 Pintu Saat Berkendara Semi Offroad

Mesinnya rusak sekali, tenaganya berkurang, mesinnya lecet, kata Iwan kepada virprom.com, baru-baru ini.

Bahkan, Iwan juga menjelaskan, penggunaan oli yang tidak memenuhi spesifikasi dapat merusak mesin.

“Pemakaian yang terus menerus akan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada komponen mesin, mulai dari sensor dan komponen di dalam mesin,” kata Iwan.

Selain itu, kata Iwan, penggunaan oli di bawah batas yang disarankan dapat menyebabkan pemanasan tidak mencukupi.

Baca juga: Berikut Tips Membeli Sepeda Motor Listrik Bekas

Akibatnya banyak endapan karbon di ruang bakar, klep, manifold, dan catalytic converter. Kalau dibiarkan akan mempercepat kerusakan mesin sebelum waktunya, kata Iwan.

Meski begitu, ada cara mengatasi timbunan karbon berlebih pada mesin akibat penggunaan oli yang tidak memenuhi spesifikasi, apalagi oli rendah.

“Salah satunya adalah dengan membersihkan mesin atau membersihkan karbon. Pembersihan karbon secara rutin, setiap 10 kilometer, dapat mengurangi penumpukan karbon,” kata Iwan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih Anda saluran berita favorit untuk mendapatkan Saluran WhatsApp Kompas .com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top