Pendekatan Humanis dalam Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Bisa Jadi “Benchmark” Operasi Aparat

JAKARTA, virprom.com – Ketua Komisi I DPR RI Mewtya Hafid mengatakan pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mertens dari sandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) merupakan bukti pendekatan kemanusiaan (soft pendekatan) bisa menjadi acuan keamanan. operasi. otoritas di masa depan.

Pasalnya, berkat pendekatan tersebut, aparat keamanan termasuk TNI dan Polri berhasil membebaskan pilot Susi Air yang disandera selama 19 bulan.

“Pendekatan lunak yang dilakukan menunjukkan bahwa penyelesaian konflik dapat dilakukan secara damai dan terukur. Ini merupakan prestasi yang harus terus kita bangun ketika kita menghadapi situasi serupa di masa depan.” kata Meutya dalam siaran persnya, Sabtu (21/21). 9/2024).

Baca juga: Pembebasan Pilot Suzi, TNI: Hasil Upaya Negosiasi yang Intens

Dia juga memuji pendekatan pasukan keamanan dalam pembebasan sandera.

Ia juga memuji keberhasilan pembebasan sandera pilot Susi Air Selandia Baru Kapten Philip Mark Mertens oleh gugus tugas penjaga perdamaian Cartenz 2024 dan seluruh pihak yang terlibat dalam operasi tersebut.

Ia kemudian secara khusus memuji Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subiant, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Kemudian Pemerintah Provinsi Papua, Tokoh Adat dan Tokoh Gereja Papua, serta seluruh pihak yang melakukan upaya pembebasan Kapten Philip.

Baca juga: Bagaimana Satgas Perdamaian Cartenz bisa melepas pilot Susi Air tanpa operasi militer?

Ia berharap peristiwa ini menjadi dorongan untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di Papua.

Saya berharap keberhasilan ini menjadi titik awal untuk mencapai perdamaian dan kesejahteraan yang lebih abadi di Papua, kata politikus Partai Golkar itu.

Sekadar informasi, Philip Mark Mertens disandera sejak 7 Februari 2023, setelah pesawat yang dikemudikannya mendarat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Dataran Tinggi Papua.

Setelah melalui proses yang panjang, Philip akhirnya dibebaskan oleh gugus tugas operasi penjaga perdamaian Cartenz 2024. Dengarkan berita terkini dan intisari berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top