Kesuksesan Kereta Cepat Shinkansen Beroperasi 60 Tahun, Pelatihan Karyawan Juga Penting

Tokyo, virprom.com – Kereta berkecepatan tinggi Shinkansen telah beroperasi di Jepang selama 60 tahun. Ada cerita menarik di balik kesuksesan alat transportasi kereta api berkecepatan tinggi pertama di dunia.

Dahulu, kereta Shinkansen mulai beroperasi pada 1 Oktober 1964 untuk jalur Tokyo dan Osaka.

Dikutip AFP, Sabtu (28/9/2024), kereta api mengantarkan era baru perjalanan kereta api seiring tumbuhnya Jepang menjadi negara adidaya ekonomi pasca kekalahannya dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Usai Gempa, Tsunami Kecil Melanda Kepulauan Izu Jepang

Meski sudah beroperasi selama 60 tahun, layanan kereta cepat ini patut mendapat pujian. Karena kereta api bisa tetap bersih, tepat waktu dan bebas kecelakaan.

Hal inilah yang menjadi fokus operator kereta api JR Centra dalam hal pelayanan terhadap penumpang kereta kecepatan tinggi Shinkansen.

Lain halnya dengan pelatihan pegawai kereta Shinkansen Express. Hazuki Okuno (22) mengetahui protokol ketat operator JR Centra saat menaiki replika kereta Shinkansen.

Di pusat pelatihan staf canggih berlantai 10, Okuno belajar banyak tentang pengoperasian kereta berkecepatan tinggi.

Fasilitas yang ada di operator kereta api JR Central merupakan tempat pendidikan intensif bagi calon kondektur, pengemudi dan staf lainnya.

Ia pun memimpin setelah perjalanan, menyapa penumpang dengan membungkuk dalam-dalam.

Baca Juga: Pengemudi Shinkansen Dituntut Karena Kehilangan Kendali Akibat Setrum 3 Menit

Diketahui hampir seperempat juta penumpang setiap hari berdiri di jalur Takaida Shinkansen, yang membentang dari Tokyo melalui Gunung Fuji ke Hakata, yang memakan waktu sekitar lima jam perjalanan.

Saat ini, satu kereta berkecepatan tinggi Nozomi tiba setiap lima menit.

JR Central mengatakan tidak pernah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cedera di kereta peluru, bahkan di negara yang sering dilanda gempa bumi, angin topan, dan salju lebat.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami,” kata Daisuke Kumajima, staf hubungan masyarakat perusahaan.

Oleh karena itu, kami memandang pendidikan dan pelatihan terhadap karyawan kami sangat penting, ujarnya.

Untuk pertama kalinya bulan ini, di jalur lain yang dijalankan oleh perusahaan JR East, terjadi dua kereta peluru, yang menyebabkan pemberhentian darurat namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Di Jepang, Shinkansen sering kali diterima, dan itu merupakan hal yang baik.

Baca Juga: Jepang Luncurkan N700S, Shinkansen Baru Tahan Gempa

Namun, ketika orang Jepang bepergian ke luar negeri, terutama ke Eropa atau Amerika, mereka segera menyadari bahwa Shinkansen sedikit istimewa dibandingkan yang lain. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top