Jokowi: Banting Harga Penawaran Proyek Tidak Baik, yang Dikorbankan Kualitas

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengingatkan bahaya yang timbul jika perusahaan konstruksi mengubah harga penawaran proyek konstruksi.

Menurut Presiden, pemotongan harga tersebut tidak baik karena menurunkan kualitas bangunan yang sedang dikerjakan.

“Yang saya lihat dari jauh, biasanya harga dipotong untuk dapat proyek. Betul? Enggak apa-apa, kompetisinya bagus, persaingannya bagus. Tapi pemotongan harga itu tidak bagus,” kata Jokowi saat memberikan instruksi di Gedung DPR. Cerminan. 10 tahun pemerintahan Jokowi dalam bidang konstruksi yang dilaksanakan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) di Menara Bank Mega pada Rabu (31/7/2024).

“Untuk memenangkan proyek, HPS (estimated unit cost)-nya turun di bawah satu persen. Ada lho, banyak. Nah, kalau begitu, yang dikorbankan harus kualitas (bangunan). Harus ke sana.” katanya.

Baca juga: Sri Mulyani laporkan sistem perpajakan baru ke Jokowi yang ditargetkan diluncurkan Desember 2024

Ia kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan mengorbankan kualitas bangunan, yakni menurunkan kualitas material. Mulailah dengan mengurangi semen, menambahkan pasir dan mengurangi ukuran struktur.

Oleh karena itu, Jokowi berharap pengusaha konstruksi di Gapensi tidak melakukan hal serupa.

Dalam kesempatan itu, Ketua juga mengingatkan bahwa membangun infrastruktur tidak hanya sekedar membangun beton siap pakai.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur juga harus mempertimbangkan manfaat peningkatan daya saing.

“Dari perkembangan ini kita tahu bahwa peringkat daya saing dunia kita meningkat dari (peringkat) 34 menjadi (peringkat) 27. Daya saing itulah yang ingin kita capai berdasarkan kemajuan yang telah dicapai. Selain memanfaatkan infrastruktur untuk orang-orang,” katanya. menjelaskan.

Baca juga: Jokowi Terima Penghargaan Bapak Konstruksi dari Komunitas Pengusaha Konstruksi

Menurut Presiden, Indonesia bersaing dengan negara lain dalam hal konektivitas dan infrastruktur untuk menarik investor ke Indonesia.

Jika biaya logistik bisa ditekan, harga pangan juga bisa diturunkan.

“Karena infrastruktur adalah kunci investasi. Tapi juga akan menurunkan biaya logistik,” tegas Presiden. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top