Survei Litbang “Kompas”: Kinerja Penegakan Hukum Dinilai Masih Stagnan

JAKARTA, virprom.com – Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat cukup memuaskan terhadap kinerja pemerintah di bidang penegakan hukum.

Menurut survei yang dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024, kepuasan terhadap penegakan hukum secara keseluruhan adalah 57,4 persen, turun sedikit dari 58,3 persen yang tercatat pada survei Desember 2023.

“Dibandingkan bidang kerja lain, kepuasan terhadap penegakan hukum relatif rendah,” kata Ranga Ekka Sakthi, peneliti R&D Kompas, seperti dilansir Compass Daily, Jumat (21/6/2023).

Ranga mengatakan, kepuasan di bidang ekonomi yang biasanya menempati urutan terburuk, kini tertinggal jauh dari tingkat penegakan hukum.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: 57,4 persen pengunjuk rasa puas dengan kinerja pemerintah di bidang hukum.

Kajian tersebut menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap sektor ekonomi mencapai 65,1 persen.

Saat ini, kepuasan di bidang pekerjaan lain seperti politik dan pelayanan sosial mencapai lebih dari 80 persen.

“Jika dilihat dalam jangka panjang, kinerja penegakan hukum yang dicapai saat ini meneruskan situasi negatif yang terjadi dalam lima tahun terakhir,” kata Ranga.

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang penegakan hukum bisa dikatakan sudah ada sejak awal periode kedua pemerintahan Joko Widodo yang dikenal dengan sebutan Amin, ujarnya.

Baca juga: Litbang Kompas: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi 75,6, Tertinggi di Periode Kedua

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara telepon terhadap 1.200 partisipan dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, kesalahan deteksi sebesar ± 2,83 persen pada kondisi random sampling.

Namun, kesalahan di luar pengambilan sampel dapat terjadi. Survei ini didanai sepenuhnya oleh surat kabar harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara). Dengarkan berita terkini melalui kumpulan berita kami yang tersedia langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk menerima saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top