Aismoli Harap Pemerintah Teruskan Subsidi Motor Listrik

JAKARTA, virprom.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) berharap pemerintah melanjutkan program subsidi pembelian sepeda motor listrik pada tahun 2025.

Presiden Aismoli, Budi Setiyadi meyakini pemerintah akan mempercepat penggunaan sepeda motor listrik secara sistematis, termasuk memberikan subsidi.

Baca juga: Hyundai Siap Rilis Mobil Hybrid Sebelum Akhir 2024

“Iya kalau saya lihat arahnya memang ada, tapi belum lengkap,” kata Budi kepada virprom.com, Rabu (04/09/2024).

Budi mengatakan saat ini perusahaan Aismoli sedang mengusulkan kepada pemerintah untuk terus memberikan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik baru.

Pasalnya subsidi dinilai efektif membangkitkan minat masyarakat untuk beralih ke sepeda motor listrik dibandingkan sepeda motor berbahan bakar bensin.

“Rencananya tahun depan, bersama seluruh anggota, kami mengusulkan agar selalu ada insentif,” kata Budi.

Baca juga: Motor Baru Yamaha Tetap Perlu Dikendarai, Jangan Terburu-buru

“Tetapi secara resmi saya akan menguji hasil penelitian, rekomendasi kepada pemerintah, argumentasi, misalnya berapa banyak kawasan preferensi (sepeda motor listrik) yang akan mengurangi emisi gas rumah kaca dan berapa banyak yang akan mengurangi subsidi BBM,” ujarnya. katanya.

“Jadi pemerintah juga akan memberikannya kepada kami, sesuai dengan kemampuan anggarannya,” ujarnya.

Seperti diketahui, alokasi subsidi sepeda motor listrik baterai untuk tahun anggaran 2024 telah rampung.

Baca juga: Hasil Crash Test Latin NCAP, Toyota Raize Hanya Dapat Satu Bintang

Hal ini dibuktikan pada Sistem Informasi Penunjang Pembelian Kendaraan Roda Dua Listrik (Sisapira) yang terdaftar pada 4 September 2024.

Saat ini subsidi tersebut disalurkan kepada masyarakat untuk 30.607 unit sepeda motor listrik melalui pabrikan atau diler terpilih. Terdapat 9.235 pendaftar yang masih berstatus verifikasi.

Jumlah sepeda motor yang diterima tahun ini sebanyak 60.857 unit. Ditambah lagi pada tahun 2023, total unit sepeda motor listrik yang didistribusikan ke masyarakat sebanyak 72.389 unit. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top