Ada Indikasi Hamas Bangun Pasukan, Israel Kepung Jabaliya Gaza Utara

GAZA, virprom.com – Pasukan Israel mengepung kawasan Jabalia di utara Gaza pada Minggu (10/6/2024) menanggapi indikasi Hamas kembali memperkuat pasukannya.

Hal tersebut diungkapkan militer Israel dalam pernyataan yang menyebutkan bahwa Hamas sedang berusaha membangun kembali kemampuan operasionalnya di wilayah tersebut.

“Pasukan Brigade 401 dan Brigade 460 telah berhasil mengepung kawasan tersebut dan saat ini terus beroperasi di kawasan tersebut,” katanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh AFP.

Baca juga: Harta Karun Arkeologi dari Jalur Gaza Ditemukan di Swiss

Dijelaskan juga bahwa sebelum dan selama operasi, IAF (Angkatan Udara) menyerang puluhan sasaran militer di wilayah tersebut untuk membantu pasukan IDF (Angkatan Darat).

Gudang senjata, lokasi infrastruktur bawah tanah dan lokasi infrastruktur lainnya diserang.

Juru bicara Pertahanan Sipil Gaza Mahmoud Basal mengatakan beberapa serangan mengguncang Jabaliya semalam, dengan banyak korban jiwa.

Pasukan Israel secara rutin membombardir Jabalia sejak awal perang Gaza, yang menyebabkan sebagian besar penduduk mengungsi.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Israel telah kembali ke beberapa wilayah Gaza tempat mereka sebelumnya melakukan operasi melawan Hamas.

Namun, intelijen Israel mendapat informasi bahwa anggota Hamas sedang membangun kembali pasukannya.

Tentara mengatakan pihaknya juga memperluas zona kemanusiaan Al-Mawasi di sepanjang pantai selatan Gaza.

“Untuk tujuan ini, dua jalur evakuasi kemanusiaan dari Gaza utara telah dibuka kembali. Satu di sepanjang jalan Salaheddin dan satu lagi di sepanjang jalan pantai Al-Rashid,” jelas tentara.

Sementara itu, badan pertahanan sipil Gaza mengatakan serangan udara Israel terhadap sebuah masjid yang berubah menjadi kuil di pusat kota Deir El-Balah pada hari Minggu menewaskan 21 orang.

Namun militer Israel tetap membela diri dengan mengatakan pihaknya menargetkan kelompok Hamas.

“Korban tewas meningkat menjadi 21 orang dan sejumlah besar lainnya luka-luka akibat penembakan pendudukan (Israel) terhadap masjid yang menampung pengungsi di depan gerbang Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir El-Balah. di pusat kota. Jalur Gaza,” kata juru bicara Basal Agency.

Baca juga: Menjelang peringatan perang, lebih dari 30 serangan Israel mengguncang Lebanon

Militer Israel mengatakan pihaknya melakukan serangan yang ditargetkan terhadap operasi Hamas yang beroperasi di dalam pusat komando dan kendali masjid. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top