Apakah Singkong Baik untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Singkong merupakan sayuran berkalori tinggi yang banyak mengandung karbohidrat serta vitamin dan mineral. Lantas, apakah singkong baik untuk kesehatan?

Singkong memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi peradangan dan menyehatkan saluran pencernaan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi efek buruk radikal bebas.

Namun singkong juga memiliki beberapa efek samping yang harus diperhatikan, seperti peningkatan berat badan dan peningkatan risiko keracunan jika dikonsumsi mentah.

Simak di bawah ini kandungan singkong dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga: Apa saja manfaat teh bagi kesehatan? Ini daftar 8… Apakah singkong baik untuk kesehatan?

Singkong baik untuk kesehatan karena rendah kalori dan karbohidrat serta mengandung vitamin dan mineral penting termasuk vitamin C dan potasium.

Menurut Health Report, singkong merupakan sumber potasium, folat, vitamin C dan masih banyak nutrisi lainnya yang dapat menunjang fungsi tubuh untuk menjaga kesehatan.

Satu cangkir singkong matang atau 165 gram mengandung: Kalori: 306 Protein: 2,27 gram Lemak: 4,85 gram Karbohidrat: 63,4 gram Serat: 3,04 gram Vitamin C: 29,1 mg, atau setara dengan: 3,6 persen kalori harian. miligram, atau sama dengan 18 persen DV Folat: 38,4 mikrogram, atau 16 persen DV Kalium: 451 miligram, atau 10 persen DV

Selain itu, singkong juga memiliki nutrisi lain seperti magnesium, zinc, dan serat dalam jumlah sedikit.

Baca juga: Teh Apa yang Baik untuk Kesehatan? Berikut penjelasannya…

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong bisa dimakan secara rutin sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Selain itu, kandungan mineral dan vitamin di dalamnya juga dapat membantu kesehatan tubuh secara umum.

Menurut Healthline, singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus dan mengurangi peradangan, serta mendukung kesehatan pencernaan dan juga mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2, melindungi tubuh dari serangan penyakit. stres oksidatif dan mendukung fungsi sel imun dalam tubuh, yaitu melindungi tubuh dari kerusakan kulit dan mendukung produksi kolagen, yang pada tulang, kulit, otot dan sendi mengandung protein.

Singkong baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Faktanya, beberapa masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes, bisa dicegah dengan mengonsumsi singkong.

Meski baik untuk kesehatan, konsumsi singkong setiap hari harus dibatasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Kisaran aman konsumsi singkong yang disarankan adalah 73-113 gram per hari.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat dari dokter, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi singkong setiap hari.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih memahami apakah singkong baik untuk kesehatan dan mencegah kemungkinan efek samping.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Nanas dalam Air bagi Kesehatan? Berikut 6 daftarnya… Dengarkan berita terkini dan pilih berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top