Apakah Sawo Menyebabkan Gula Darah Tinggi? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Buah sawo mengandung serat, vitamin dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, apakah sawo menyebabkan gula darah tinggi?

Buah sawo dapat menyebabkan gula darah tinggi jika dimakan berlebihan karena kandungan gulanya yang tinggi.

Namun bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, buah sawo ternyata dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan memberikan banyak manfaat, seperti menyehatkan pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menurunkan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, bacalah uraian dan temukan beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Buah Sawo Baik untuk Penyakit Apa? Ini Daftar 7… Apakah Sawo Sebabkan Gula Darah Tinggi?

Buah sawo diketahui menyebabkan lonjakan gula darah jika dimakan berlebihan karena kandungan gulanya yang tinggi yaitu 34 gram.

Menurut Mayo Clinic, kandungan gula (karbohidrat sederhana) pada makanan, termasuk buah sawo, bisa mempengaruhi kadar gula darah.

Padahal, satu porsi buah yang dikonsumsi tidak boleh mengandung lebih dari 15 gram karbohidrat, sehingga tidak berdampak buruk pada kadar gula darah.

Kandungan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dipecah menjadi gula sederhana dan masuk ke aliran darah sehingga menyebabkan gula darah tinggi.

Bagi Anda penderita gula darah tinggi atau diabetes, disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat harian sesuai anjuran dokter.

Namun bagi Anda yang suka makan sawo namun tidak memiliki riwayat gula darah tinggi, disarankan juga untuk mengonsumsi satu atau dua buah sawo berukuran kecil dalam sehari.

Selain meningkatkan gula darah, makan sepodilla terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti diare.

Baca juga: Apakah sawo mengandung gula? Berikut rinciannya… Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

Meski bisa menyebabkan gula darah tinggi, mengonsumsi sawo dalam jumlah yang tepat setiap hari ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya, buah sawo mengandung bahan alami, seperti antioksidan, vitamin C, serat, dan tembaga.

Kabarnya, ada banyak manfaat buah sawo bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, seperti: Melindungi tubuh dari penyakit dan penuaan dini Mengurangi peradangan kronis Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan memperlancar buang air besar Mendukung dan mengurangi risiko sembelit. Penyakit usus seperti kanker usus besar, menurunkan risiko kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, menyeimbangkan kadar gula darah, meningkatkan rasa kenyang, dan menunjang penurunan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan stroke

Mendukung sistem kekebalan tubuh, metabolisme protein dan meningkatkan produksi kolagen

Mengetahui apakah sawo menyebabkan lonjakan gula darah penting dilakukan agar Anda dapat membatasi atau menghindari konsumsi buah ini jika perlu.

Meski bisa menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, mengonsumsi satu hingga dua buah sawo secara rutin ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah sawo setiap hari, terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Apa Manfaat Sawo Bagi Kesehatan? Berikut 8 daftarnya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top