Makin Canggih, Google Lens Bisa Cari Informasi dari Video

virprom.com – Raksasa teknologi Google telah memberikan peningkatan (update) pada kemampuan Google Lens.

Alat pengenalan gambar ini kini memungkinkan pengguna mencari informasi berdasarkan video.

Berbeda dengan sebelumnya yang pengguna hanya bisa mencari informasi berdasarkan gambar dan teks.

Contoh penggunaannya adalah ketika mengunjungi akuarium dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang ikan, pengguna dapat membuka aplikasi Google Lens di smartphone iOS dan Android, lalu ketuk tombol “Lens” di tengah layar untuk merekam video berdurasi 20 detik. . . .

Saat merekam, pengguna akan melihat “Bicara sekarang untuk bertanya tentang video ini”. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan dengan suaranya, seperti “Mengapa ikan berenang bersama?”.

Baca juga: Apa Itu Google Lens, Fiturnya, dan Cara Menggunakannya

Google Lens nantinya akan menampilkan AI Review, fitur pencarian Google yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) Gemini AI untuk mengumpulkan data dari berbagai halaman web.

Ikhtisar AI juga akan menyertakan beberapa tautan jika pengguna ingin mendalami data lebih dalam.

Menurut Rajan Patel, wakil presiden teknik di Google, hal ini dimungkinkan karena Google menangkap rekaman video sebagai gambar (bingkai).

Google kemudian menggunakan teknik computer vision yang sebelumnya digunakan di Google Lens.

Namun, perusahaan teknologi Amerika telah mengambil informasi gambar ini selangkah lebih maju dengan mentransfernya ke model Gemini khusus.

Model Gemini ini dirancang untuk memahami banyak gambar secara berurutan dan kemudian memberikan umpan balik dari Internet.

Perlu diketahui, fitur yang sebelumnya ditampilkan pada acara Google I/O pada Mei 2024 ini masih belum bisa mengenali suara. Dengan demikian, pengguna tidak bisa mengenali jenis burung dari suara kicauannya. Google masih mengujinya, kata Patel.

Baca Juga: Google Lens Kini Tersedia Dari Beranda Google.com

Demi alasan privasi, Google mengatakan bahwa setelah menganalisis Gemini, video yang direkam akan segera dihapus. Video ini tidak akan digunakan untuk mengajarkan model Gemini pada edisi saat ini atau yang akan datang.

Fitur video ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Fitur ini telah diluncurkan di aplikasi pengujian Research Labs di iOS dan Android.

Pengguna yang berminat dapat mendaftar Research Lab melalui link di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top