Orang Bisa Terkena Penyakit Jantung, Apa Faktor Risikonya?

virprom.com – Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian akibat penyakit jantung.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 17,9 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2019, yang merupakan 32 persen kematian global.

Dari jumlah tersebut, 85 persennya disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Lima Makanan Berlemak yang Baik untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024, sebagaimana disebutkan dalam konferensi pers Hari Jantung Sedunia 2023, penyakit jantung merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di Indonesia.

Di Indonesia, angka penyakit jantung pada tahun 2023 sebesar 0,85 persen. Artinya, 85 dari 10.000 orang mengidap penyakit jantung yang didiagnosis dokter.

Mengingat tingginya risiko penyakit jantung, artikel ini akan menyoroti sejumlah faktor yang mempengaruhi seseorang terkena masalah kesehatan ini.

Memahami faktor risiko penyakit jantung dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan perhatian terhadap kesehatan jantung.

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), berikut beberapa hal yang membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung: Tekanan darah tinggi (hipertensi) Kolesterol darah tinggi Sebelum kelebihan berat badan atau obesitas Diabetes atau merokok diabetes, karena merokok merusak arteri, kurang aktivitas fisik secara teratur, memiliki riwayat penyakit jantung dini dalam keluarga, misalnya jika ayah atau saudara Anda didiagnosis sebelum usia 55 tahun, atau jika ibu atau saudara perempuan Anda sudah terdiagnosis . . Riwayat preeklamsia di atas usia 65 tahun, seperti peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba saat hamil dan tingginya protein dalam urin. Pola makan yang tidak sehat, untuk wanita berusia 55 tahun ke atas dan untuk pria berusia 45 tahun ke atas

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Jantung? Berikut ulasannya…

Setiap faktor risiko meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Semakin lama Anda, semakin tinggi risiko penyakit jantung.

Beberapa faktor risiko penyakit jantung tidak dapat diubah. Faktor-faktor tersebut antara lain usia, jenis kelamin, dan riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Namun, banyak faktor risiko penyakit jantung yang dapat diubah, termasuk pola makan, merokok, dan tingkat aktivitas fisik.

Anda bisa mengubah pola hidup sehat secara bertahap hingga mendapatkan yang seutuhnya.

Baca juga: Mengapa Diabetes Sebabkan Penyakit Jantung? Berikut detailnya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top