Polusi Udara Perburuk Penyakit Pernapasan Kronis

virprom.com – Polusi udara merupakan bahaya kesehatan yang besar bagi kesehatan paru-paru. Faktanya, beberapa penyakit pernafasan kronis diperburuk oleh tingginya paparan polusi udara.

Laporan Penyakit Dunia tahun 2019 yang dirilis Institute for Health Metrics and Evaluation menunjukkan bahwa jumlah penyakit pernafasan di Indonesia sangat tinggi, seperti pneumonia, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kanker paru.

Faktor-faktor seperti polusi udara, kebiasaan merokok, dan penularan penyakit mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesehatan paru-paru.

Salah satu polusi udara yang paling berdampak saat ini sedang meningkat dan berdampak buruk pada kesehatan paru-paru.

“Penyakit pernafasan kronis dapat berdampak negatif karena mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup. Penyakit-penyakit ini juga memberikan beban berat pada sistem kesehatan dengan meningkatkan angka rawat inap,” kata Dr. Freddy, Direktur Medis AstroZenka Indonesia.

Baca juga: Laporan Terbaru: Polusi Udara Membunuh 2.000 Anak Setiap Hari

Polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil, bayi dan anak-anak, serta mereka yang sudah menderita penyakit pernafasan kronis.

Dampak yang paling signifikan adalah penurunan fungsi paru-paru, peningkatan infeksi, perburukan gejala PPOK, kekambuhan asma, peningkatan prevalensi asma pada anak, dan tingginya angka rawat inap.

Untuk mengurangi beban kesehatan akibat penyakit pernafasan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengintegrasikan pemeriksaan kesehatan paru-paru ke dalam program pemeriksaan kanker paru-paru dan pemeriksaan kesehatan umum.

“Juga proaktif menyasar populasi berisiko tinggi di layanan kesehatan primer, termasuk kehadiran tenaga kesehatan dan penggunaan alat spirometri,” ujarnya.

Skrining dan deteksi dini dapat melindungi kondisi penyakit pernafasan kronis agar tidak terjadi kekambuhan.

Baca juga: Mengenali Gejala Kanker Paru-Paru Pada Tahap Awal Dengarkan berita terkini dan berita langsung pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top