Begini Teknik Mendahului Pengendara Motor yang Aman di Jalan Raya

.

JAKARTA, virprom.com – Menyalip di jalan raya memerlukan kehati-hatian ekstra, terutama pada jam-jam sibuk yang kerap meningkatkan tingkat stres dan kelelahan pengemudi.

Direktur Safe Cycling Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani mengatakan, pesepeda harus memahami dan memperhatikan berbagai faktor teknis dan non teknis untuk menghindari kecelakaan dan menjaga keselamatan bersama di jalan raya.

Agus Sani menjelaskan banyak kendala teknis yang harus menjadi pertimbangan dalam upaya mengatasinya.

Baca juga: Nissan Resmi Tawarkan New Serena e-Power ke Konsumen

“Pengendara wajib menggunakan lampu sein sebagai isyarat kepada pengemudi lain, memastikan kondisi jalan aman sebelum bermanuver, dan menaati marka jalan, khususnya menghindari menyalip di marka jalan yang tidak terputus”, Jumat (23/8/23) virprom.com 2024).

Selain itu, aspek non-teknis juga tidak kalah pentingnya. Pesepeda hendaknya menjaga kestabilan emosi, memperhatikan lingkungan sekitar, dan menghindari berkendara dalam keadaan lelah.

“Kondisi emosi yang tidak terkendali atau kelelahan fisik dapat mengakibatkan pengambilan keputusan yang terburu-buru dan berbahaya saat berada di jalan,” kata Agus Sani.

.

Selain itu, Agus menekankan pentingnya menaati peraturan lalu lintas dan memastikan berkendara penuh setiap saat.

“Pengendara sepeda motor harus selalu memperhatikan keselamatan, memakai helm, sarung tangan, jaket dan membawa Surat Izin Mengemudi. Ini semua untuk menjamin perjalanan lebih aman dan nyaman,” jelasnya.

Baca juga: Wuling Aviation EV Dimodifikasi Secara Digital dan Disulap Menjadi Pickup Dua Pintu

Dengan memperhatikan semua aspek tersebut, pengemudi tidak hanya dapat melindungi diri mereka sendiri, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman bagi pengguna jalan lainnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top