Penyebab Tersering Kematian Mendadak Saat Tidur

virprom.com – Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian utama di dunia. Kondisi terkait penyakit jantung ditengarai menjadi penyebab kematian mendadak saat tidur.

Ahli jantung Dr A Sari Sri Mumpuni mengatakan: “Jika tidak ada tanda-tanda dan orang tersebut terlihat sehat, penyebab kematian terbesar tetaplah penyakit jantung. Bisa jadi itu serangan jantung atau masalah kelistrikan jantung yang mengancam oleh RS Pondok Indah Jakarta.”

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah koroner yang menuju ke jantung tersumbat. Sedangkan gangguan kelistrikan seringkali terjadi akibat aritmia, atau gangguan irama jantung.

Aritmia menyebabkan detak jantung tidak teratur dan dapat menyebabkan kematian mendadak bahkan saat tidur.

Dr Seri menjelaskan bahwa masalah jantung dapat diketahui sejak dini dengan pemeriksaan fisik secara teratur.

Baca juga: Pahami Penyebab Kematian Mendadak Saat Olahraga

Pemeriksaan kesehatan jantung paling baik dilakukan setelah usia 40 tahun, atau lebih awal jika terdapat riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Pemeriksaannya meliputi elektrokardiogram atau rekaman jantung, CT scan, dan treadmill. Jika dicurigai adanya gangguan irama jantung, Anda akan dirujuk ke ahli jantung spesialis teknik kelistrikan jantung untuk pemantauan dan, jika terjadi gangguan, pengobatan segera. “, jelasnya.

Pada kasus aritmia atau fibrilasi ventrikel, disarankan agar alat pacu jantung ditanam di bawah kulit untuk mengirimkan sinyal listrik guna mengembalikan detak jantung menjadi normal ketika terjadi gangguan irama jantung.

Detak jantung yang sehat dan normal adalah 60-100 detak per menit. Misalnya saya sering merasa ingin selingkuh secara tiba-tiba.

Baca juga: Aritmia Tingkatkan Risiko Terkena Stroke Infark. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top