Respons Persib Usai Dijatuhi Hukuman Komdis PSSI Sampai Separuh Musim

virprom.com – Persib akan mendapat sanksi berat dari Komite Disiplin PSSI (COMDIS) atas kerusuhan usai laga Persib vs Parsija Jakarta pada 23 September 2024 di Stadion Si Jalak Harput, Soreng, Kabupaten Bandang. 

Sanksi yang diberikan kepada panitia penyelenggara (panel) laga kandang Persib berupa larangan penonton selama separuh musim kompetisi Ligue 1 2024-2025. 

Juga denda Rp 295.000.000, demikian dilansir Comdis, Jumat (4/10/2024) melalui situs resmi Federasi PSSI. 

Ia mengkaji kejadian luka-luka yang dialami korban pada pertandingan melawan Percyza, mulai dari pelemparan botol, pembakaran, penyerangan terhadap penonton, hingga pemukulan terhadap wasit (wasit pertandingan) yang dilakukan sekelompok Babotoh.

Baca juga: Persib Divonis Penjara Tanpa Penonton dan Denda Rp 295 Juta.

Pada 1 Oktober 2024, PSSI menjatuhkan sanksi berat kepada Comdis Persib berdasarkan sidang Comdis. 

Komdis PSSI menuliskan kompetisi Ligue 1 2024/2025 dilarang menggelar pertandingan dengan penonton selama setengah musim. 

Rinciannya, penutupan seluruh stadion untuk 2 (dua) pertandingan berturut-turut berlaku untuk pertandingan terdekat.

Dilanjutkan dengan penutupan beberapa bagian stadion seperti Stand Utara dan Stand Selatan selama 3 (tiga) pertandingan berturut-turut; Denda sebesar Rp 295.000.000. “

Baca: Reaksi Bojan Hodak Terkait Kericuhan Usai Laga Persib-Persija.

Berbekal bukti, Persib PSSI siap menerima sanksi berat dari Komedian 

Mewakili klub, Honorary Vice President Operations PT Persib Bandung Andang Ruhiat menyampaikan duka mendalam atas kejadian tersebut.

Memang di sore yang sama, Maung Bandung berhasil mengalahkan Macan Kemayoran 2-0 pada laga pekan keenam Liga 1 2024-2025. 

Tentu kami memahami sanksi yang harus diberikan atas pelanggaran aturan yang jelas-jelas terjadi pada pertandingan melawan Parsija, kata Andang. 

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini tidak seharusnya terjadi, namun sanksi ini hanya bersifat finansial dan tidak perlu bagi Persib. 

Baca: Pesan Steward untuk Korban Usai Laga Persib-Persia

Dampaknya dirasakan langsung oleh Bobotoh yang bertugas menjaga ketertiban keamanan di stadion. 

“Tapi ini sangat merugikan para pendukung Babotoh yang rutin menonton dan mendukung Persib di stadion,” kata Andang.

Berharap sanksi juga berlaku bagi Persib, ia mengajak panel, manajemen klub, dan Babotoh untuk saling bahu membahu menjaga ketertiban dan keamanan. 

Panitia Panitia Persib berkomitmen menjamin keamanan dan ketertiban selama pertandingan dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan. 

“Kami berkomitmen untuk melakukan upaya ekstra untuk menjaga keamanan dan ketertiban di setiap pertandingan,” ujarnya.

Andong menyatakan bahwa Anda menginstal WhatsApp dan berkata, “Kami akan bekerja sama dengan polisi, panitia penyelenggara, dan komunitas pendukung untuk memastikan kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top