Purnawirawan TNI-Polri Dilantik Jadi Pj Gubernur Papua dan Papua Selatan

JAKARTA, virprom.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik dua purnawirawan TNI dan Polri sebagai Penjabat Gubernur (Pj) pada Senin (5/8/2024) di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Panglima TNI (Purn) Ramses Limbong menjadi perwira pertama yang pensiun dan diangkat menjadi Wakil Gubernur Papua.

Ramses menggantikan Ridwan Rudalamun yang sudah pensiun dan menolak perpanjangan masa jabatan.

Sementara Komjen (Purn) Rudy Sufahriadi dilantik menjadi Wakil Gubernur Papua Selatan menggantikan Apolo Safanpo yang mengundurkan diri untuk mencalonkan diri pada Pilkada 2024.

Baca Juga: Mendagri Sebut 40 Kepala Daerah Petahana Mundur Untuk Mendorong Pilkada

Pelantikan diawali dengan nyanyian Indonesia Raya dan juga pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Gubernur Papua dan Papua Selatan.

Setelahnya, kedua gubernur yang menjabat diminta membacakan sumpah yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Demi Allah, saya berjanji akan menjalankan tugas saya sebagai penjabat gubernur dengan segala kemampuan dan keadilan saya, bahwa saya akan menjunjung tinggi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan melaksanakan segala peraturan perundang-undangannya secepat mungkin. , dan bahwa saya akan melayani masyarakat. , bernegara dan berbangsa,” kata kedua penjabat gubernur tersebut usai pembacaan sumpah Tito, Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Mendagri: OTT tidak akan selesai kecuali pemda membaik

Usai pembacaan sumpah, Tito menegaskan pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Gubernur.

Sekadar informasi, Ramses sebelumnya menjabat Wakil Pengelola Infrastruktur Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sementara Rudy baru-baru ini menjabat Sekretaris Jenderal Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Dengarkan berita terhangat dan pilihan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top