Lebih dari 80 Serangan Udara Israel di Lebanon, 1 Warga Sipil Tewas

BEIRUT, virprom.com – Pesawat tempur Israel melakukan puluhan penerbangan di Lebanon selatan pada Senin (23/9/2024), menewaskan warga sipil.

Seperti warga Gaza, militer Israel memperingatkan warga Lebanon untuk menjauhi sasaran Hizbullah.

Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) melaporkan bahwa pesawat tempur Israel melancarkan lebih dari 80 serangan udara dalam waktu kurang dari setengah jam.

Baca juga: Israel-Hizbullah Desak Mundur, PBB: Timur Tengah di Ambang Bencana

Serangan itu ditujukan ke wilayah Nabatieh di Lebanon selatan. Selain itu, Israel juga melancarkan serangan udara yang menyasar wilayah Tirus.

Sementara itu, NNA mengumumkan serangan besar-besaran di Lembah Bekaa timur, jauh ke dalam Lebanon dekat perbatasan Suriah, termasuk pinggiran Baalbek dan Hermel.

Seorang warga sipil, seorang penggembala tewas, dua anggota keluarganya dan empat lainnya terluka dalam serangan di NNA East.

Wartawan AFP di wilayah selatan dan timur mengatakan mereka mendengar serangan hebat.

Sumber Hizbullah yang tidak disebutkan namanya mengatakan serangan itu menargetkan wilayah dari timur ke barat di Lembah Bekaa.

Sementara itu, juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan pihaknya telah menginstruksikan warga sipil untuk mengevakuasi kota-kota di Lebanon, termasuk bangunan dan area yang digunakan Hizbullah untuk tujuan militer, area yang digunakan untuk menyimpan senjata, dan desa-desa terdekat.

Hagari mengatakan pada konferensi pers bahwa militer Israel akan melakukan serangan ekstensif dan tepat terhadap sasaran yang tersebar di seluruh Lebanon.

Hizbullah telah melancarkan serangan di perbatasan dengan pasukan Israel yang mendukung Hamas setiap hari sejak serangan kelompok Palestina Hamas dimulai pada 7 Oktober 2023 dengan perang di Gaza.

Baca juga: Israel Ingin Serang Hizbullah

Namun, kekerasan telah meningkat secara signifikan dalam beberapa hari terakhir, ketika Israel dan Hizbullah saling menyerang selama akhir pekan, meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya perang habis-habisan. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top