Cak Imin Minta Maaf Tak Hadiri Panggilan PBNU demi Jaga Konstitusi PKB

BADUNG, virprom.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar Nahdlatul Ulama (PBNU) menjelaskan alasan tidak ikut serta dalam keputusan Panitia Khusus Pengurus Besar (PANUS).

Ia diundang Pansus PBNU yang dibentuk untuk melakukan evaluasi PKB ke kantor PBNU di Senen, Jakarta pada Rabu (21/8/2024).

“Maaf, saya tidak datang dengan sengaja. Konstitusi partai kita akan dijaga, kata Muhaimin di Bali Nusa Prayer Conference Center di Badung, Sabtu (24/8/2024).

Ia tetap mengatakan PBNU tidak berhak ikut campur dalam setiap langkah politik PKB.

Baca juga: Anis Hubungi PDI Perjuangan Jelang Pilkada, Kak Amin: Semoga Berjalan Baik

Sebab, PBNU dan PKB merupakan satu kesatuan yang berkaitan secara budaya, namun tidak berkaitan secara struktural.

“Ruang lingkup pekerjaannya berbeda-beda. NU bekerja sesuai amanahnya dan PKB bekerja sesuai amanahnya. “Tidak ada yang namanya campur tangan,” katanya.

Muhaimin mengaku selalu mendengarkan masukan dari PBNU. Namun, dia menegaskan cara-cara tersebut harus dilakukan dengan benar dan tidak mengganggu PKB.

“Iya tentunya saya menyambut baik keinginan baik, masukan dan kritik dari siapapun khususnya dari PBNU. Tapi tentu saja dengan standar konstitusi. “Saya tidak ingin cara bertindak yang inkonstitusional dan anarkis,” katanya.

Baca juga: Dihadapan Peserta Kongres PKB, Kak Akui Percayakan Tugas Perubahan Aturan kepada Imin Prabo, Apa Ini?

Sebelumnya, Ketua PBNU Yahya Cholil meminta Kongres PKB ke-6 juga mempertimbangkan berbagai inklusi PBNU.

Dalam beberapa waktu terakhir, hubungan PBNU dan PKB memanas. PBNU menyatakan akan mengevaluasi PKB bahkan terang-terangan menyatakan ingin mencopot kepemimpinan Muhammadin dari PKB. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top