Tanggal 26 September 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – 26 September 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini dirayakan sebagai Hari Statistik Nasional.

Terlepas dari ini, ada juga peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Di bawah ini adalah beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal 26 September 2024. Hari Statistik Nasional

Pada tanggal 26 September 2024, terdapat peringatan nasional yang disebut Hari Statistik. 

Hari Statistik Nasional merupakan peringatan yang diadakan untuk menghormati hari UU No. 7 Tahun 1960 tentang Statistika di Indonesia. 

Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan hari jadi Badan Pusat Statistik (BPS). 

Berbicara tentang Hari Statistik Nasional tidak dapat dipisahkan dari asal -usulnya.

Menurut situs resmi Kementerian Keuangan RI, kegiatan statistik di nusantara dimulai pada masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36, Herman Willem Daendels, sebagai wakil dari koloni Perancis-Belanda.

Pada saat itu, Daendels menggunakan statistik untuk membuat data dasar untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan area untuk dieksploitasi. 

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, badan statistik tersebut berubah nama menjadi Biro Umum Penelitian Statistik Republik Indonesia (KAPPURI) di bawah arahan Mr. Abdul Karim Pringgodigdo.

 

Kemudian pada tahun 1950, lembaga KAPPURI dan CKS dilebur menjadi Badan Pusat Statistik (KPS) yang berada di bawah kewenangan Menteri Kemakmuran.

Berdasarkan keputusan Menteri Ekonomi no. P/44, KPS menjadi tanggung jawab Menteri Ekonomi. Namun pada tanggal 1 Juni 1957, melalui Keputusan Presiden X Nomor 172, KPS berubah nama menjadi Badan Pusat Statistik dan bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Baru pada tanggal 26 September 1960, UU No. 6 tahun 1960 dari Sensus dan Hukum no. 7 tahun 1960 statistik.

Baca Juga: Hari berapa 25 September 2024 diperingati? Hari Kontrasepsi Dunia

Tanggal 26 September 2024 bertepatan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia. 

World Contraception Day adalah kampanye untuk mengingatkan banyak orang menggunakan kontrasepsi untuk kesehatan reproduksi. 

Berdasarkan laman BKKBN, Pekan Pelayanan Keluarga Berencana dilaksanakan serentak di Indonesia pada tanggal 10 hingga 20 September 2024. 

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia juga merupakan bagian dari program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Pembatasan reproduksi merupakan hal yang penting. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Ascobat Gani, jika tidak ada program keluarga berencana, populasi Indonesia akan meningkat sekitar 80 juta. Bahkan dengan angka saat ini, masih ada banyak masalah seperti kemiskinan, penganut dan lainnya. 

Tema Hari Kontrasepsi Sedunia yang diusung Indonesia adalah “Pelayanan Keluarga Berencana Berkualitas Menuju Indonesia Emas 2045”. Dengan tema tersebut, dimaksudkan agar kampanye ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya KB dan pemilihan alat kontrasepsi yang tepat. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top