BYD Ambil Alih Penuh Saham Denza dari Mercedes-Benz

JAKARTA, virprom.com – Build Your Dreams (BYD) kini telah mengambil alih kepemilikan penuh Denza, setelah membeli sisa 10 suku cadang Denza yang sebelumnya dimiliki Mercedes-Benz.

Sebagai informasi, Denza merupakan mobil listrik kelas atas asal China hasil kerja sama BYD dan Mercedes-Benz, dimana BYD pada tahun 2022 akan memiliki 90% saham Denza.

Baca juga: Bagaimana Perusahaan Rental Mobil Ini Memperluas Jaringannya

Menurut Sistem Publisitas Informasi Kredit Perusahaan Nasional China, BYD menjadi manajer Denza dengan nama perusahaan Shenzhen Denza New Energy Automotive Co Ltd pada 14 September 2024.

Dilansir dari CNEVpost, sebelum pengambilalihan, pimpinan Mercedes-Benz bernama Hans Georg Engel meninggalkan daftar direktur Denza.

Dulu komposisi BYD dan Mercedes Benz seimbang yakni 50-50, namun pada tahun 2022 BYD meningkatkan porsinya hingga 90 persen, dan pada tahun 2024 mengambil kendali penuh atas Denza.

Baca juga: Ubah HR-V Lama Jadi Model Mugen, Modal Rp 5 Jutaan

Denza didirikan pada bulan Februari 2011 sebagai perusahaan patungan 50-50 antara BYD dan Daimler, perusahaan patungan Sino-asing pertama di Tiongkok yang berfokus pada Kendaraan Energi Baru (NEV).

Pada Januari 2022, merek Daimler berganti nama menjadi Mercedes-Benz.

Saat peluncurannya, Denza memperkenalkan Denza 300, Denza 400, dan Denza X sebagai model hybrid. Ketiga model tersebut kini telah menghentikan produksinya karena rendahnya penjualan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top