Gerhana Matahari Diam-diam Muncul di Google Saat “Googling” Kata Ini

virprom.com – Google baru-baru ini diam-diam memperkenalkan easter egg atau kejutan berupa animasi gerhana matahari yang bisa dilihat di halaman pencarian Google atau di google.com.

FYI, animasi gerhana matahari ini muncul di pencarian Google memperingati gerhana matahari cincin 2 Oktober yang terjadi di beberapa wilayah di dunia.

Baca juga: Google Tampilkan Bintang Merah Muda Saat Mencari Film Barbie Margot Robbie

Meski gerhana matahari cincin telah usai, kini pengguna dapat melihat animasi gerhana matahari langsung di Google Penelusuran dengan cara “Googling” atau mencari query atau kata kunci tertentu. Animasi gerhana matahari cincin di pencarian Google

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, animasi gerhana matahari muncul di halaman pencarian google dengan kata kunci “gerhana matahari” atau bisa juga menggunakan istilah pencarian “gerhana matahari”.

Jika Anda google kata kunci tersebut, animasi gerhana matahari akan muncul di halaman pencarian Google dalam hitungan detik. Animasi tersebut secara singkat menunjukkan tahapan gerhana matahari cincin.

Jadi pengguna pertama-tama melihat lingkaran kuning sebagai animasi matahari dan kemudian lingkaran abu-abu sebagai animasi bulan yang memotong animasi matahari. Animasi bulan bergerak hingga menutupi animasi matahari.

Gerhana matahari cincin kemudian terbentuk di bagian atas, dan gerakannya berlanjut hingga animasi gerhana berakhir. Pada animasi easter egg gerhana matahari ini, pengguna hanya bisa melihat pergerakan bulan yang menutupi matahari.

Tidak ada pilihan atau tombol lain di Telur Paskah. Pengguna dapat melihat animasi gerhana matahari cincin ini di pencarian Google baik di browser desktop maupun seluler.

Baca juga: Jamur Cordyceps Tumbuh di Layar Saat Anda Google Seri The Last of Us

FYI, easter egg Google ini sering muncul secara diam-diam. Google Easter Eggs biasanya muncul tiba-tiba untuk memperingati peristiwa atau peristiwa penting yang banyak menarik perhatian pengguna.

Sebelumnya, Google secara rutin menampilkan animasi telur Paskah di Google Penelusuran untuk merayakan Olimpiade Paris 2024, film Barbie, dan serial TV The Last of Us. Telur paskah kali ini memperingati Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 2 Oktober 2024. Gerhana Matahari Cincin 2 Oktober 2024.

Pada tanggal 2 Oktober, gerhana matahari cincin terjadi di beberapa wilayah di dunia. Pada gerhana matahari cincin, Bulan berada tepat di antara Bumi dan Matahari, namun tidak cukup besar untuk menutupi seluruh Matahari.

Akibatnya matahari tampak seperti cincin dari bumi. Gerhana matahari cincin yang terjadi pada 2 Oktober melintasi sebagian Samudera Pasifik, Chili bagian selatan, dan Argentina bagian selatan, menurut Space.

Sementara menurut BMKG, gerhana matahari cincin ini tidak bisa diamati di Indonesia. Gerhana matahari cincin yang baru saja terjadi juga tidak berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap Indonesia.

Mengutip Antara, Kepala Tanda Tangan Waktu BMKG Himavan menjelaskan, wilayah yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin adalah Samudera Pasifik dan Amerika Selatan.

Baca Juga: 10 Game Google Gratis yang Serunya Main Pac Man, Snake, dan Lainnya

Arus lalu lintas kemudian melewati Chile bagian selatan dan Argentina bagian selatan. Himawan menjelaskan, gerhana matahari cincin merupakan fenomena langka. Gerhana matahari cincin dapat terjadi di lokasi yang sama lebih dari 10 tahun sekali.

Anda akan menerima berita tentang teknologi dan perangkat pilihan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno. Anda dapat melakukannya dengan membuka tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top