Penyebab Mobil Transmisi Matik Melambat dan Kehilangan Tenaga

JAKARTA, virprom.com – Mobil matic menawarkan kepraktisan dan kenyamanan. Namun mobil jenis ini juga memiliki risiko yang patut diwaspadai, misalnya saja performa mobil tiba-tiba menurun atau bahkan kehilangan tenaga.

Fenomena ini seringkali menjadi pertanda adanya masalah serius yang perlu segera ditangani.

Menurut Lung Lung, pemilik Car Doctor, ada beberapa penyebab utama yang bisa menyebabkan mobil bertransmisi matic mengalami penurunan performa.

“Keterlambatan penggantian oli, filter tersumbat, penggunaan oli palsu, dan segel rusak menjadi faktor utama yang sering menyebabkan masalah ini,” ujarnya kepada virprom.com, Jumat (30/8/2024).

Baca juga: Mitos atau Fakta: Apakah Semua Koil Pengapian Mobil yang Rusak Perlu Diganti?

Keterlambatan penggantian oli transmisi dapat mengakibatkan komponen internal tidak terlumasi dengan baik sehingga menimbulkan gesekan berlebihan yang dapat merusak transmisi.

Selain itu, filter yang tersumbat juga dapat menghambat aliran oli sehingga menyebabkan transmisi tidak berfungsi maksimal.

Lung Lung juga mengatakan penggunaan oli palsu juga menjadi penyebab masalah serius pada mobil matic.

“Oli palsu kualitasnya tidak sama dengan oli asli, sehingga tidak mampu memberikan perlindungan yang diperlukan pada komponen transmisi,” tambah Lung Lung.

Pada akhirnya, segel yang rusak dapat menyebabkan kebocoran oli, yang mengakibatkan hilangnya tekanan pada sistem transmisi, sehingga mengakibatkan hilangnya kendaraan.

Baca juga: Hyundai Kembangkan Baterai NCM Entry Level

Lung Lung menekankan pentingnya perawatan rutin dan penggunaan komponen asli yang berkualitas untuk menghindari masalah pada transmisi otomatis.

“Jika mobil Anda mulai menunjukkan tanda-tanda melambat atau kehilangan tenaga, segera bawa ke bengkel agar kerusakan tidak bertambah parah,” kata Paru Paru. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top