Berapa Lama Waktu Ideal Memanaskan Mesin Mobil?

SOLO, virprom.com – Memanaskan mesin mobil sebelum berkendara dapat bermanfaat untuk meningkatkan performa kendaraan dan memperpanjang umur mesin.

Namun, tidak membutuhkan waktu lama untuk memanaskan mobil hingga komponen mesin mencapai suhu optimal.

Pasalnya, memanaskan mesin dalam waktu lama hanya akan merusak bahan bakar dan menimbulkan emisi lebih banyak.

Ivan, Pemilik Iwan Motor Honda Autoclinic, mengatakan ketika suhu mesin sudah ideal, unit bekerja maksimal dan siap jalan, tidak butuh banyak waktu untuk memanaskan mesin mobil.

Baca juga: Honda Tambah Jaringan Dealer Mobil Bekas Resmi

“Stasiun ini, mobilnya sudah siap. Ivan baru-baru ini mengatakan kepada virprom.com: “Jangan memanaskan mobil terlalu lama karena hanya membuang bahan bakar dan kotoran, jalankan saja 3-5 menit.”

Namun, tidak seperti mobil tua yang sudah usang dan aus, pemanasannya membutuhkan waktu lebih lama.

“Butuh waktu lebih lama agar panas bisa membuat oli dan sistem pendingin benar-benar bersirkulasi dan bekerja dengan sempurna,” kata Ivan.

Menurut Ivan, upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera fatal akibat mesin yang bekerja langsung dengan beban berat.

Baca juga: Neta

Sementara itu, Nissan Bogor Fandi Ahmad mengatakan mobil modern tidak membutuhkan waktu lama untuk pemanasan mesin dan tidak memerlukan gasifikasi.

“Paling lama 3-5 menit, kebanyakan sampai mesin mencapai suhu pengoperasian, atau terlihat dari tampilan informasi suhu bahwa jika sudah mencapai 80 derajat atau tampilan suhu biru mati, mobil siap berangkat. .” kata Fandi.

Fandi menjelaskan, jika mesin mencapai suhu operasi, otomatis putaran mesin akan meningkat menjadi 700-750 rpm, sedangkan saat dingin bisa mencapai 1000 rpm. Dengarkan berita dan pembaruan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top