Tanggal 11 September 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Hadir pada Rabu 11 September 2024. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Radio Nasional.

Selain itu, masih ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa hari peringatan yang jatuh pada tanggal 11 September 2024. Hari Radio Nasional

Hari Radio Nasional diperingati pada tanggal 11 September 2024. 

Hari Radio Nasional sekaligus memperingati hari jadi Radio Republik Indonesia (RRI). 

Tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Radio Nasional bertepatan dengan hari lahir Radio Republik Indonesia (RRI) yang didirikan pada 11 September 1945. 

Menurut situs Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), RRI didirikan pada 19 Agustus 1945 karena terhentinya operasional Radio Jepang Hoso Kyoku.

Akibat penghentian Hoso Kroku, masyarakat Indonesia tidak mendapat informasi terkini. Sebuah radio asing memberitakan bahwa pasukan Inggris sedang menduduki Jawa dan Sumatra saat itu.

Pertemuan tersebut diikuti oleh delapan orang perwakilan, yakni Soitaryo dari Purwokerto, Somarmad dan Sodomomarto dari Yogyakarta, Sohardi dan Harto dari Semarang, Maladi dan Sotardi Hardjolukito dari Surakarta, serta Darya, Shakti Alamsya dan Agus Marahsutan dari Bandung. 

Mereka mengadakan pertemuan di rumah Adang Kadarusman. Pertemuan ini menghasilkan berdirinya RRI pada tanggal 11 September 1945 di bawah pimpinan Abdulrachman Saleh.

Baca Juga: 3 Tersangka Tragedi 9/11 Tak Divonis Mati Usai Mengaku Bersalah dalam Tragedi 9/11

Tanggal 11 September 2024 menandai peringatan 23 tahun tragedi 9/11 atau yang di Amerika dikenal dengan tragedi 9/11. 

Hari ini juga merupakan hari nasional di sana yang dikenal dengan Hari Patriot. 

Pada 11 September 2001, pembajak menerbangkan tiga pesawat hingga menabrak gedung ikonik Pentagon di Washington DC dan Menara Kembar World Trade Center di New York, Amerika Serikat.

Faktanya, ada pesawat lain yang dibajak, namun pesawat keempat jatuh di sebuah lapangan di Pennsylvania setelah penumpangnya melawan para pembajak. Tidak ada yang tahu persis di mana pesawat itu akan jatuh. 

Insiden tersebut mengakibatkan hilangnya sekitar 3.000 nyawa antara penumpang di dalamnya, penghuni gedung yang terkena dampak, dan pekerja garis depan yang berusaha menyelamatkan masyarakat.

Tragedi tersebut kemudian berujung pada Hari Patriot, yang dicanangkan oleh Presiden George W. Bush dan dirayakan setiap tahun pada tanggal 11 September.

Pada Hari Patriot, bendera Amerika diturunkan menjadi setengah tiang dan mengheningkan cipta di seluruh negeri pada pukul 08:46. (Waktu Musim Panas Bagian Timur), artinya pesawat pertama menabrak salah satu Menara Kembar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top