Raphael Varane Putuskan Pensiun, Como 1907 Jadi Klub Terakhir

virprom.com – Bek Como 1907 Raphael Varane resmi mengumumkan keputusannya pensiun dari sepak bola.

Keputusan tersebut disampaikan bek asal Prancis berusia 31 tahun itu dalam unggahan di akun Instagram pribadinya pada Rabu (25/9/2024).

Varane mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas perjalanan kariernya yang penuh tantangan dan kesuksesan luar biasa.

“Mereka bilang semua hal baik harus diakhiri,” tulis Varane di awal pernyataannya.

Itu mencerminkan perjalanannya yang penuh dengan momen emosional, pencapaian luar biasa, dan kenangan yang akan tetap bersamanya selama sisa hidupnya.

Baca juga: PSSI Gandeng KNVB Percepat Kesuksesan Sepakbola Indonesia

Varane yang pernah membela klub-klub besar seperti Real Madrid dan Manchester United serta membawa Prancis meraih gelar juara Piala Dunia 2018, menilai kini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri kariernya di puncak klasemen.

“Saya memegang standar yang tinggi, saya tidak hanya ingin bertahan dalam permainan tetapi juga tampil kuat,” katanya.

Menurut Varane, keputusan pensiun bukanlah hal yang mudah.

Namun, ia mengikuti kata hatinya dan menyadari bahwa keinginannya untuk terus bermain tidak sesuai dengan kebutuhan fisik dan mentalnya.

Salah satu momen memuaskan dalam karier Varane adalah menuntaskan perjalanannya di lapangan dengan menjuarai Piala FA bersama Manchester United di Wembley, Inggris.

Meski merasa telah mencapai lebih dari apa yang pernah ia bayangkan, Varane tetap memegang teguh prinsipnya untuk selalu ikhlas dan berusaha meninggalkan setiap klub yang ia bela demi menjadi lebih baik.

“Saya telah memenangkan lebih dari yang pernah saya impikan, tetapi di luar penghargaan dan trofi, saya bangga tetap berpegang pada prinsip saya dan mencoba membuat setiap tempat lebih baik dari yang saya temukan,” lanjut pemain yang memulai karir profesionalnya di Lens.

Varane pun mengucapkan terima kasih kepada para penggemar, rekan satu tim, pelatih, dan staf di setiap klub yang ia bela.

“Kepada para penggemar setiap klub yang pernah saya bela, rekan satu tim, pelatih, dan staf saya… terima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam karena membuat perjalanan ini lebih istimewa dari yang pernah saya bayangkan,” tulisnya.

Raphael Varane yang banyak meraih trofi bergengsi, termasuk empat gelar Liga Champions bersama Real Madrid, mengakhiri pesannya dengan perpisahan dengan dunia sepak bola.

“Terima kasih sepakbola. Dengan cinta, Rapha,” tutupnya.

Varane dipindahkan ke Como setelah kontraknya dengan Manchester United tidak diperpanjang. Ia mengatakan ia juga akan terlibat di klub di luar lapangan.

Varane hanya bermain 23 menit untuk Como melawan Sampdoria di Coppa Italia pada bulan Agustus. Dia mengundurkan diri karena cedera paha.

Cedera yang dialami Varane membuat ia harus menjalani pemulihan yang lama hingga akhir musim. Dengan kondisi tersebut, Varane dilarang masuk skuad Serie A Como. Dengarkan berita terkini dan berita kami pilih langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top