PDI-P Gelar Peringatan Peristiwa Kudatuli 1996, Ganjar Pranowo Hadir

JAKARTA, Kompass.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memperingati kerusuhan 27 Juli (Kudatuli) di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P, Jakarta Pusat, Sabtu. 27/7/2024)

Acara diisi dengan berbagai kegiatan antara lain resital drama, pembacaan puisi, tabur bunga dan pidato oleh Redaksi Umum (Sekretaris) PDI-P Hasto Cristianto.

Sejumlah petinggi DPP PDI-P antara lain Sekjen PDI-P Hasto Cristianto, Ketua DPP PDI-P Erico Sotadurga, Yasona Laoli, dan Ganjar Pranoo tampak menghadiri acara tersebut pada Sabtu pagi.

Berdasarkan survei yang dilakukan virprom.com, Ganjar mencapai Pranoo Cycle pada pukul 07.45 WIB.

Baca Juga: Komnas Tinjau Peristiwa Ham Kudatuli, Status Pelanggaran HAM Akan Dibahas ke DPR

Kehadiran mantan calon presiden itu pada Pilpres 2024 langsung disambut simpatisan PDI Perjuangan dan jurnalis.

Setelahnya, Ganjar bergabung dengan politisi PDI Perjuangan lainnya yang menunggu acara dimulai

Sekadar informasi, Peristiwa Kudatuli terjadi pada 27 Juli 1996 di Kantor DPP Partai Demokrat Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat.

Peristiwa itu terjadi saat terjadi tawuran di kantor DPP PDI antara massa kubu Megawati Sokarnoputri dan massa kubu Sorjadi.

Baca Juga: Kenang Kudatuli, PDI-P Massa Long March Menuju Komnas Ham

Dalam kejadian ini, lima orang tewas, 149 orang luka-luka, dan 23 orang hilang.

Saat itu, PDA mengalami kepemimpinan bipartisan yang berujung pada terpilihnya Megawati sebagai Ketua Umum (Ketum) berdasarkan Kongres Luar Biasa (KLB) yang berbasis di Surabaya.

Beberapa waktu kemudian, Sorezadi pun mengumumkan terpilih menjadi Ketua Umum partai berlambang banteng berbasis KLB Medan itu.

Pada tanggal 27 Juli 1996, massa pendukung Megawati di kantor PDI diserang oleh pendukung Sorejadi dan tewas dalam bentrokan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top