Apakah Tekanan Udara Ban Mobil Perlu Ganti Saat Musim Hujan?

SOLO, virprom.com- Tekanan ban menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara, terutama dalam kondisi hujan.

Kondisi jalan basah dan licin dapat mempengaruhi cengkeraman ban di aspal sehingga pengemudi harus lebih berhati-hati dalam menjaga kecepatan dan bermanuver.

Lantas, perlukah penyesuaian tekanan ban saat musim hujan?

Baca Juga: Ini Cara Mengatur AC Mobil Saat Hujan Agar Kaca Tidak Berembun

Zulpata Zainal, saat uji kendaraan di PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, saat musim hujan tekanan ban tidak boleh diubah, hanya disesuaikan dengan regulasi pabrik.

“Tidak perlu mengatur tekanan ban, jika kita merasakan perubahan cuaca, misalnya panas lalu hujan, jalan kering lalu basah, kita tidak perlu mengubah tekanan ban,” kata Zulpata kepada virprom.com, Kamis ( 26-09-2024).

Zulpata melanjutkan, yang perlu diperhatikan saat musim hujan bukanlah penggantian tekanan ban, melainkan pastikan tekanannya sesuai dengan anjuran pabrikan.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Simak 3 Cara Merawat Mesin Pengering

“Yang harus diperhatikan adalah menyesuaikannya dengan anjuran pabrikan mobil, karena mereka sudah mempelajarinya sejak lama, cukup teliti untuk menentukan tekanan ban yang optimal untuk produk kendaraannya,” kata Zulpata.

Oleh karena itu, pada kondisi cuaca hangat, normal, dingin, atau kering dan basah, tekanan ban tetap harus disesuaikan sesuai anjuran pabrikan karena dirancang untuk memberikan performa optimal di berbagai kondisi cuaca. Dengarkan berita terkini dan bermacam-macam berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top