Berapa Kadar Gula Darah Normal, Pradiabetes, dan Diabetes? Ketahuilah Ini…

virprom.com – Kadar gula darah dapat menunjukkan apakah Anda dalam kondisi kesehatan normal, pradiabetes, atau diabetes.

Mengetahui kadar gula sejak dini sangat penting karena diabetes merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian di dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyakit ini merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan amputasi.

Baca juga: Nutrisi apa yang terbaik untuk menurunkan gula darah? Inilah jawabannya…

Pada tahun 2019, diabetes dan penyakit ginjal terkait diabetes menyebabkan hampir 2 juta kematian.

Namun Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) menyebut diabetes ibarat fenomena gunung es, dimana masih banyak penderita diabetes yang tidak mengetahui dirinya mengidap diabetes, karena mungkin belum memeriksakan kadar gulanya sebuah fasilitas kesehatan.

Artikel berikut akan menunjukkan berapa kadar gula darah pada orang normal, pradiabetes, dan diabetes.

Baca juga: Gula Darah Turun Setelah Makan? Kadar gula darah normal

Merujuk pada Kementerian Kesehatan Indonesia, kadar gula darah normal akan ditampilkan sebagai berikut: Gula darah saat (GDS) atau tanpa puasa kurang dari 140 mg/dL Gula darah puasa (BBP) kurang dari 100 mg/dL Gula darah 2 jam setelah OGTT (tes toleransi glukosa oral) kurang dari 140 mg/dL HbA1c kurang dari 5,7 persen

HbA1c atau hemoglobin A1c adalah hemoglobin terglikasi. Ini terbentuk ketika glukosa (sejenis gula) dalam darah menempel pada sel darah merah.

Jika Anda memiliki kadar gula darah yang normal, berarti Anda perlu menjaga pola hidup sehat secara keseluruhan untuk menjaga kesehatan Anda setiap saat. 

Baca juga: Adakah Obat Alami untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi? Ini ulasannya… Kadar gula darah pradiabetes

Kadar gula darah untuk pradiabetes ditunjukkan dengan hasil pemeriksaan sebagai berikut: Gula darah saat (GDS) atau tanpa puasa 140-199 mg/dL Gula darah puasa (FBP) 100-125 mg/dL gula darah 2 jam setelah OGTT (glukosa) . tes toleransi oral) adalah 140-199 mg/dL HbA1c adalah 5,7-6,4 persen

Pradiabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh lebih tinggi dari biasanya, namun belum disebut diabetes.

Kondisi ini bisa dikatakan sebagai tanda peringatan diabetes tipe 2, sehingga jika tidak diawasi, kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

Baca juga: Hal Apa Saja yang Meningkatkan Kadar Gula Darah? Demikian ulasannya… Kadar Gula Darah Diabetes

Kadar gula darah yang dapat didiagnosis diabetes adalah sebagai berikut: Gula darah saat (GDS) atau tidak puasa lebih dari 200 mg/dL Gula darah puasa (FBP) lebih dari 126 mg/dL Gula darah 2 jam setelahnya OGTT (tes toleransi glukosa oral) lebih dari setara dengan 200 mg/dL HbA1c lebih dari 6,5 persen

Jika Anda menderita diabetes dan tidak mengontrol kadar gula darah dengan baik, Anda berisiko mengalami hiperglikemia, seperti dikutip WHO.

Hiperglikemia adalah peningkatan kadar gula darah di atas target sehat Anda.

Seiring berjalannya waktu, hiperglikemia yang sering terjadi dan berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh, termasuk saraf, pembuluh darah, dan berbagai organ.

Jadi, sudahkah Anda memeriksakan kadar gula darah Anda? Kementerian Kesehatan Indonesia menganjurkan agar kadar gula darah diperiksa secara rutin.

Baca juga: 16 Hal yang Menyebabkan Kadar Gula Darah Naik Turun dengan Cepat

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top