Aplikasi WordPad Resmi Pensiun dari Windows

virprom.com – Editor teks WordPad telah resmi dihentikan dari sistem operasi Windows. Pembatalan program ini pertama kali dikonfirmasi pada September 2023.

Kini aplikasi tersebut telah dihapus di Windows versi terbaru yaitu Windows 11 24H2 dan Windows Server 2025 yang berarti WordPad sudah tidak tersedia lagi. Windows 11 24H2 akan tersedia mulai 1 Oktober 2024.

Menurut Microsoft, setiap versi baru Windows akan menghapus berbagai fitur dan aplikasi untuk meningkatkan kinerja sistem operasi atau menggantinya dengan aplikasi modern.

WordPad sendiri dirilis pada Agustus 1995 di Windows 95, sehingga aplikasi tersebut resmi dihentikan pada usia 29 tahun. Aplikasi ini dirilis sebagai alternatif Microsoft Word yang digunakan untuk membuat dokumen teks dalam format file .doc dan .rtf.

Baca juga: Tiga alternatif gratis selain WordPad dan MS Office!

Microsoft Word sendiri dirilis pada tahun 1983. Meski terbilang lawas, namun belakangan aplikasi edit teks ini banyak mendapat pembaruan sehingga kaya akan fitur, termasuk fitur edit teks.

Windows Notepad juga dirilis pada tahun 1983. Program ini lebih sederhana dibandingkan WordPad karena Anda dapat menulis di dalamnya tanpa fitur pemformatan teks. Pada akhirnya, Microsoft memutuskan untuk mengakhiri dukungan untuk WordPad.

Selain Microsoft Word, masih banyak aplikasi pengolah kata modern yang mengurangi kegunaan WordPad.

Salah satunya adalah Google Docs, sebuah perangkat lunak berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk terus menulis secara online di seluruh perangkat.

Oleh karena itu, sejak program ini dihentikan, pengguna WordPad disarankan untuk menggunakan Microsoft Word untuk mengolah dokumen dalam format .doc dan .rtf atau Notepad untuk membuat dokumen dalam format .txt.

Ini masih tersedia untuk diunduh

Meski WordPad telah dihapus, situs berita terbaru Windows telah menemukan trik untuk menggunakan aplikasi tersebut di versi terbaru Windows 11, seperti dikutip KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (3/10/2024).

Untuk melakukannya, buka folder “C:Program FilesWindows NTAccessories”, unduh file yang disediakan oleh Windows Terbaru, lalu letakkan di folder “Accessories”.

Kemudian klik dua kali file WordPad untuk membuka aplikasi ini. Fitur baru Windows 11 24H2

Pembaruan Windows 11 24H2 menghadirkan beberapa pembaruan kecil pada beberapa fitur seperti Start, File Explorer, dan menu Pengaturan.

Pembaruan menu Start akan sangat fungsional bagi pengguna Microsoft Phone Link.

Baca juga: 4 Versi Windows 10 Ini Akan Segera Dihentikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top