Apakah Jintan Hitam Bisa Menyembuhkan Kolesterol? Berikut Faktanya…

virprom.com – Jintan hitam telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Lantas apakah jintan hitam bisa menyembuhkan kolesterol?

Ya, jintan hitam diklaim sebagai bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan kolesterol baik (HDL) yang meningkat.

Untuk informasi lebih lanjut lihat Cara Kerja Jintan Hitam Mengobati Kolesterol Tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Kolesterol Normal? Ini dia penjelasannya… Apakah Jintan Hitam Bisa Menyembuhkan Kolesterol?

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.

Sebab, plak kolesterol bisa menumpuk di bawah lapisan pembuluh darah, sehingga akhirnya mengakibatkan penyempitan.

Itu sebabnya individu dengan kolesterol tinggi perlu melakukan perubahan gaya hidup dan mungkin perlu mengonsumsi obat penurun kolesterol sesuai anjuran dokter.

Saat ini penelitian mengenai obat herbal berkembang pesat, termasuk pengobatan kolesterol.

Tujuan utamanya adalah untuk mendukung pengobatan modern yang ada dan memberikan alternatif alami dengan efek samping minimal.

Bahan alami yang diketahui dapat mengatasi kolesterol adalah Nigella sativa atau jintan hitam.

Jintan hitam mengandung asam lemak tak jenuh ganda, menurut Kementerian Kesehatan Yanks.

Komposisi asam lemak mengikuti standar WHO yang merekomendasikan bahwa lemak makanan harus kaya akan asam lemak tak jenuh ganda dan rendah asam lemak jenuh. Oleh karena itu, jintan hitam bisa menjadi pilihan yang baik dalam diet penderita kolesterol.

Baca Juga: Apa Penyebab Kolesterol Tinggi? Berikut 11 alasannya

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh Indian J Physiol Pharmacol, mengonsumsi 2 gram jintan hitam per hari mengurangi kolesterol dan gula darah puasa.

Studi lain yang diterbitkan oleh PubMed pada tahun 2014 melaporkan bahwa mengonsumsi 2 gram jintan hitam per hari selama dua minggu menurunkan kolesterol total dan LDL pada wanita.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan jintan hitam biasanya tidak menimbulkan efek samping yang serius, kecuali jika dikonsumsi berlebihan.

  Bagaimana jintan hitam membantu memperbaiki kolesterol?

Jintan hitam bekerja dalam beberapa cara untuk memperbaiki kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top