Kemenag: Jemaah Haji Sedang Haid Tidak Wajib Ikuti Tawaf Wada’

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan kewajiban mengelilingi pamit menjadi batal dan tidak dikenakan sanksi terhadap jemaah haji wanita yang sedang menstruasi/nifas.

Dengan demikian, jamaah haji yang sedang haid tidak perlu mengikuti Tawaf Wada’, yaitu penghormatan terakhir ke Rumah Allah atau Tawaf Salam, sebelum meninggalkan kota Makkah.

Anggota media center Kementerian Agama, Vidhi Devinanda mengatakan, bagi perempuan yang sedang menstruasi, cukup salat di depan pintu Masjid Jama.

Dalam keterangan resmi yang dilansir Kementerian Agama di YouTube, Sabtu (29/06/2024), Widi mengatakan, “Wanita haid hanya salat di Masjidil Haram saat keluar Mekkah.”

Baca juga: Seminggu Kepulangan Jamaah, Lebih dari 50% Penerbangan Garuda Tertunda.

Weedy menjelaskan: Selain wanita yang sedang haid, Tawaf Wada’ juga mencakup Istihadah, yaitu orang yang tidak berdaya, anak kecil, sakit fisik, terluka dan terus-menerus mengeluarkan darah, depresi dan penyintas. di belakang kelompoknya

Beliau juga berpesan: Jamaah haji yang tidak mampu karena usia atau sakit hendaknya shalat hanya di depan Masjidil Haram.

Vidy mengatakan, Selain kelompok tersebut, Tawaf Weda juga wajib mengingat rangkaian haji adalah wajib.

“Bagi yang pergi (Tawaf al-Wada’), karena menyembelih kambing (menurut Safiyyah, Hanafiyyah dan Hanbila), akan dikenakan denda (penalti). Widi menjelaskan: “Tawaf da’a itu sunnah menurut Imam Malik, Dawood dan Ibnu Munzar.”

Baca Juga: Jemaah Haji Masih Belum Ke Masjidil Haram, PPIH Fasilitasi Sholat di Depan Ka’bah

Selain itu, Vidy menjelaskan, Tawaf al-Wada’ bisa dipadukan dengan Tawaf Afadaleh untuk beberapa golongan.

Pertama, bagi penduduk lanjut usia, misalnya suatu penyakit yang membuat sangat sulit atau tidak mungkin melakukan kedua aktivitas tersebut secara terpisah.

Kemudian jamaah dengan masa tinggal terbatas di Mekkah.

Beliau bersabda: Bagi jamaah haji yang masa tinggalnya di Mekkah sangat terbatas karena harus segera kembali ke tanah air, khususnya jamaah haji kloter pertama adalah kloter pertama (tawaf gabungan). Dengarkan berita dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top