Apa Kata Pengguna tentang Aplikasi Temu?

virprom.com – Program Temu kini ramai diperbincangkan setelah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan akan melarang program pemasaran China beroperasi di Indonesia.

Sebab, menurut Budi Arie, pasar temu bisa mengancam eksistensi usaha kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Pasalnya, cara penjualan yang dilakukan Temu dinilai pemerintah berdampak negatif terhadap UMKM dan lapangan kerja di Indonesia.

Temu kini dapat dengan mudah diunduh dari Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS) oleh pengguna di Indonesia.

Baca juga: Temukan Aplikasi Temu, Pusat Perbelanjaan China yang Tertolak di Indonesia

Berdasarkan ulasan KompasTekno, saat kabar tersebut tersiar, Temu menilai aplikasi tersebut 3,5 / 5 bintang dengan 4 juta ulasan di Google Play Store dan diunduh lebih dari 100 juta kali. Sedangkan di Apple App Store (iOS), Temu menempati peringkat 4,7/5 dengan 1,4 juta ulasan.

Kebanyakan pengguna Temu di Android memberikan bintang 1, 3, dan 5 dengan ulasan positif dan negatif.

Misalnya saja pengguna yang menggunakan akun Adri Hattingh pada Agustus 2024 merasa puas dengan harga yang ditawarkan di platform pemasaran Temu. Namun, ia menegaskan iklan dan hadiah tersebut memuat nama palsu. Dia juga menyoroti beberapa peringatan spam.

Sementara itu, akun Cvnt pada September 2024 mengatakan bahwa selain mempromosikan penggunaan dan penimbunan barang secara berlebihan, program ini dapat menghabiskan banyak uang bagi pengguna dalam waktu singkat untuk barang yang tidak mereka butuhkan.

Baca juga: Kominfo Blokir Program Live Dating di Indonesia

“Caranya dengan menawarkan kupon dan diskon yang mengharuskan konsumen membeli produk dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan diskon yang dijanjikan,” tulisnya.

Akun Joseph Murnane memuji rendahnya harga barang yang dibeli dari Temu, namun memperingatkan akan banyaknya email dan iklan SMS yang menyesatkan. Pengguna harus membaca semua teks yang tersedia, meskipun kecil.

“Gratis tersedia selama Anda terus membeli barang lain,” tulisnya.

Namun ada juga yang menulis review positif dengan bintang 5 di Temu. Seperti yang ditulis akun Radar Hatch pada September 2024.

“Saya hanya punya dua paket yang tidak muncul tapi bisa mendapatkan refund tanpa masalah,” tulisnya.

“Tidak masalah, tidak seperti yang saya dengar. Tidak semuanya dibuat di China. Beberapa barang dibuat dan dikirim dari AS, gudang lokal, dll. Sesuai apa yang Anda cari.

“Kualitas barang bagus. Ya, ada beberapa barang yang tahan lama. Lakukan riset dan bandingkan harga. Saya pribadi tidak membeli barang di bawah 4 bintang karena alasan pribadi. Pastikan Anda memperhatikan ukurannya,” lanjut Hatch. .

Seperti Hatch, akun Sylvia Person juga memberikan rating bintang 5, memuji kecepatan pengiriman dan kualitas barang yang dibelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top