Menpan-RB Hadiri SKP dan Tinjau Hunian ASN di IKN

virprom.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menghadiri Rapat Paripurna (SKP) di Ibukota Kepulauan (IKN), Kabupaten Penajam Passer Utara, Senin (12/08/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang Kongres tersebut, dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin hadir bersama para menteri dan pejabat senior Kabinet Indonesia Maju.

SKP mempertimbangkan dukungan IKN hingga pergantian pemerintahan. Rapat tersebut juga merupakan rapat pimpinan pertama yang dilaksanakan di IKN, sesaat sebelum HUT ke-79 Republik Indonesia (RI). 

Sebelum berangkat ke SKP, Anas melakukan peninjauan ke beberapa fasilitas di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat (KIPP) IKN bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, pada Minggu. (8.11.2024).

Baca juga: Indonesia dan Selandia Baru Tingkatkan Dukungan untuk Penguatan Kebijakan Publik, Menpan-RB Tunjukkan Penerapan Praktik Terbaik

Selain itu, Anas juga meninjau menara pegawai negeri sipil (ASN) dan IKN. Berdasarkan informasi Kementerian Tenaga Kerja dan Perumahan Rakyat (PUPR), target jumlah tower sebanyak 47 tower dengan jumlah apartemen sekitar 2.820 unit.

Dari 47 tower, jumlah tower yang akan ditempati pekerja ASN sebanyak 29 tower atau sekitar 1.740 tower. Lainnya adalah prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar lembaga publik, pemerintah juga menciptakan proses kerja baru melalui pengenalan lembaga bersama.

Caranya dengan menyatukan beberapa lembaga federal atau kementerian/lembaga (K/L) menjadi satu lembaga.

Baca juga: Menpan-RB dukung kapasitas lembaga pencegahan dan pemberantasan narkoba

Strategi enterprise sharing mengutamakan konektivitas antar K/L berupa konektivitas fisik (gedung) dan konektivitas digital yang didukung model smart enterprise.

“Ide shared enterprise diterapkan untuk mendukung evolusi perubahan cara kerja melalui pengaturan kerja yang fleksibel dan tempat kerja yang terdesentralisasi dan digital,” pungkas Anas.

Selain meninjau menara KIPP IKN dan ASN, Anas juga mendampingi Presiden Jokowi meninjau MBH Embung dan KIPP IKN.

Embung merupakan salah satu gagasan kelestarian lingkungan dan pengembangan IKN yang berfungsi sebagai sumber daya konservasi air. 

Usai meninjau daerah aliran sungai, Anas mengunjungi poros nasional di KIPP IKN. Ini merupakan ruang terbuka yang menjadi simbol hubungan harmonis antara alam, manusia dan nilai-nilai budaya yang baik.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem PDN, Menteri Pan-RB Anas: Kita perkuat struktur tata kelola dan kelembagaan 

Sebagai informasi, selain Presiden dan Presiden RI, kunjungan ke Embung MBH juga didampingi oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri. Staf. . Moeldoko, serta para menteri tingkat tinggi kabinet Indonesia. Dengarkan berita dan berita terkini dari pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top