Momen Paus Fransiskus Berbahasa Indonesia Pimpin Misa Akbar di GBK, “Saya Mengaku…”

JAKARTA, virprom.com – Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, berbicara dalam bahasa Indonesia sambil mengucapkan salah satu doa yang merupakan pernyataan pertobatan bagi umat Katolik: “Saya mengaku bersalah”.

Doa tersebut dipanjatkan Paus Fransiskus saat memimpin misa di hadapan sepuluh ribu umat Katolik di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024) sore.

Baca juga: Paus Fransiskus memulai Misa Agung di GBK

Acara dimulai ketika Paus bangkit dari kursinya dan diawali dengan membuat tanda salib dalam bahasa latin, “In Nomine Patris Et Filii Et Spiritus Sancti,” dilanjutkan dengan ucapan “Amin” dari yang hadir.

Selanjutnya, Paus Fransiskus mengucapkan “Pax Vobis,” yang artinya “Damai sejahtera menyertaimu.” Setelah itu, Paus memimpin doa pembukaan dan mengundang jemaat untuk memulai deklarasi pertobatan.

Saat menulis pengakuan dosa, Paus Fransiskus mengubah bahasa dari bahasa Latin menjadi bahasa Indonesia.

Dia memulai dengan mengatakan, “Saya mengaku…”, yang diikuti dengan seruan umat Katolik.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di GBK Pimpin Misa, Naik MV3 Maung Buatan Pindad

Jemaah kemudian menambahkan, “Kepada Allah Yang Maha Kuasa, dan kepada kalian semua yang telah berdosa kepadaku…”

Sekadar informasi, Paus berkunjung ke Indonesia mulai Selasa, 3 September dan akan berakhir Jumat depan, 6 September.

Di Indonesia, Paus Fransiskus mengunjungi banyak tempat, antara lain Masjid Istiqlal, Istana Merdeka, dan gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top