Sering Dianggap Aksesori, Ini Fungsi High Mount Stop Lamp Mobil

JAKARTA, virprom.com – Mobil baru kini dilengkapi lampu belakang yang dipasang tinggi. Kehadirannya seringkali dianggap hanya sebagai hiasan atau tambahan penunjang visual pada aksesoris, terutama punggung.

Perlu diketahui, lampu rem high mount merupakan lampu rem tambahan yang terletak di bagian atas belakang. Biasanya terletak di kaca depan atau spoiler.

Secara fungsional, kehadiran fitur ini biasanya tidak dianggap sebagai aksesori atau hiasan karena merupakan bagian dari perangkat komunikasi tambahan dalam kaitannya dengan masalah keselamatan.

Baca juga: Mendongkrak Performa Mesin Stok dengan Busi Balap Adalah Sebuah Kesalahan

Menurut Sonia Susmana, direktur pelatihan di sebuah konsultan keamanan dan pertahanan Indonesia, keberadaan lampu lalu lintas yang tinggi akan memungkinkan pengemudi di belakang, terutama pengemudi yang tidak berada di dekatnya, untuk bereaksi lebih cepat terhadap situasi darurat.

Pengendara di belakang bisa lebih berhati-hati dan menjaga jarak pengereman yang aman. Sinyal rem lebih mudah terlihat dari jarak dekat karena posisinya lebih tinggi, kata Sony virprom.com beberapa waktu lalu.

Dengan cara ini, kecelakaan dari belakang yang sering terjadi karena ketidakmampuan mengontrol jarak aman saat berkendara dapat dikurangi.

Tak hanya itu, lampu belakang yang dipasang tinggi juga dapat membantu pengemudi truk saat berada di dekatnya, berkat posisinya yang lebih tinggi.

Baca juga: Benarkah Nitrogen di Ban Tidak Bisa Tercampur dengan Udara Biasa?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka menjelaskan, di negara lain, kehadiran lampu rem tinggi sudah menjadi perangkat wajib di setiap mobil sehingga turut menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Fitur ini mirip dengan alat komunikasi atau alarm bagi pengemudi belakang. Secara fungsional, bukan kategori aksesori dan wajib di negara lain,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top