Capim KPK Didominasi Penegak Hukum, Pukat: Akan Timbulkan Loyalitas Ganda

JAKARTA, virprom.com – Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zaenur Rohman mengkritik calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang didominasi aparat penegak hukum. .

Zaenur mengatakan, aspirasi aparat penegak hukum terhadap pimpinan KPK akan menumbuhkan kesadaran akan campur tangan asing dan berujung pada loyalitas ganda.

“Kalau bisa pimpinan KPK tidak berasal dari aparat penegak hukum lain, karena akan menimbulkan loyalitas ganda,” kata Zaenur saat dihubungi, Kamis (13/09/2024).

Jaenur mengatakan, daftar sekitar 20 calon pemimpin yang dikeluarkan Komisi Pemilihan (Pansel) dan Dewan Pengawas KPK masih memiliki calon yang bermasalah sehingga menimbulkan kekhawatiran serius.

Baca juga: Calon Pimpinan KPK Gagal, Nama-nama Tercantum

Dia mengatakan calon bermasalah seperti itu sebaiknya dicopot dari jabatan pimpinan KPK agar tidak memperburuk keadaan di lembaga antirasuah tersebut.

“Nama-nama yang bermasalah adalah mereka yang diduga melakukan pelanggaran etika dan catatan profesionalnya buruk,” ujarnya.

Terakhir, Zaenur mendesak Komisi Pemilihan Umum (Pansel) untuk mudah membangkang kepada pemerintah dalam proses seleksi calon KPK dan Dewas.

Ketertarikan Jokowi terhadap Pansel selama ini terlihat sangat jelas dari nama-nama yang disahkan, ujarnya.

Sebelumnya diumumkan sekitar 20 pimpinan KPK lolos dalam seleksi evaluasi profil panitia seleksi pada Rabu (11/9/2024).

BACA JUGA: Pukat UGM Masih Kecewa dengan Langkah Ketua KPK ke Panel

Nama 20 Pimpinan KPK yang lolos penilaian profil dalam pengumuman ini adalah Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Didik Agung Widjanarko, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Harley Siregar, I Nyoman Wara, Ibnu Basuki Widodo, dan Ida Budhiati.

Kemudian Anohan Budi Sapto Pribowo, Anohanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Muhammad Yusufuf, Pahala Nainggolan, Poengki Indarti, Sang Mahendrajaya, Setyo Budiyanto, Sugeng Purnomo, Wawan Wardiana dan Tawanuar Nugroho. Dengarkan berita dan pembaruan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran perpesanan favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top