Nama Android 16 Bukan Kue dari Huruf “W”, Google Setop Tradisi?

virprom.com – Sejak sistem operasi seluler (OS) Android 1.5, Google sudah terbiasa menggunakan kode nama untuk cookies atau makanan ringan yang diawali dengan huruf sesuai abjad. 

Android versi 1.6, 2.0-2.1, 2.2, 2.3, 3.0, 4.0, 4.1-4.3, 4.4, 5.0-5.1, hingga 6.0 misalnya masing-masing memiliki nama Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Creamb. Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

Ini berlanjut dengan Android versi 7.0-7.1, 8.0-8.1, 9, 10, 11, 12-12L, 13, 14, hingga 15 dengan nama Nougat, Oreo, Pie, Quince Tart, Red Velvet Cake, Snow Cone, Tiramisu, Kue Terbalik dan Es Krim Vanila.

Baca juga: Google resmi merilis Android 15

Sekarang di Android 16, codename yang digunakan tidak bisa dilanjutkan dengan codename Vanilla Ice Cream di Android 15. Alih-alih menggunakan snack yang diawali huruf “W”, Google menyatakan menggunakan codename yang diawali huruf B. , lalu “Baklava”.

Sedangkan untuk ide penamaan, Google masih menggunakan cake sebagai nama versi Android-nya, karena Baklava merupakan kue asal Türkiye yang populer di sana. Lalu mengapa Google memilih nama ini?

Menurut peneliti kode OS Android dengan handle Github @teamb58 yang membeberkan nama kode OS Android 16 di atas, nama Baklava terlihat pada pembaruan salah satu elemen kode OS Android 16. 

Versi asli OS Android 16 sendiri tercantum di repositori OS Android yaitu Android Open Source Project (AOSP). Di AOSP, pengembang dapat melihat dan memperbarui versi Android yang terdaftar di sana. 

Nah, pada kodenya, deskripsi “min_sdk_version” untuk Android 16 sepertinya sudah diubah menjadi “Baklava”. Pada Android 15, kode sumbernya memiliki deskripsi atau konten “VanillaIceCream” yang merupakan nama penerus Android 14. 

Baca juga: Bukan Google Pixel, Ini Ponsel Pertama yang Dapat Android 15

Selain itu, kode “PlatformSdkCodename” juga memiliki “Baklava”, bukan sesuatu atau kue dari huruf “W” yang berada di atas huruf “V” pada nama kode Android 15 Vanilla Ice  Cream.

Belum ada informasi Google tidak melanjutkan nama Vanilla Ice Cream untuk Android 16. Bahkan, banyak juga kue yang diawali huruf W, seperti Waffle, Wafer, Whoopie Pie, dll. 

Belum diketahui apakah Google akan beralih ke Baklava untuk codename Android 16-nya atau tidak. Pasalnya, pengembangan OS Android 16 belum diumumkan ke publik. 

Namun yang jelas, perubahan kode Android 16 tersebut kemungkinan juga ada kaitannya dengan OS Android versi terbaru yang berganti nama default, seperti dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Kamis (3/10/). 2024). 

Pada Android 13 tahap terakhir hingga awal dan pertengahan Android 14 misalnya, jenis konstruksi (perubahan) yang digunakan diawali dengan huruf “U”, seperti terlihat pada gambar di atas. 

Namun pada versi final Android 14 diubah menjadi huruf “A”, bukan huruf “V”, dan hal ini akan berlanjut pada Android 15 versi awal dan menengah. 

Selain itu, versi final Android 15 mungkin akan dimulai dengan huruf “B”, seperti versi awal dan menengah Android 16.

Artinya wajar jika Android 16 juga diawali dengan huruf “B”, sama dengan kode awalan OS tersebut.

Lantas benarkah Android 16 akan diberi nama Baklava? Kita tunggu saja peluncuran OS Android versi berikutnya pada tahun 2025. Simak berita dan cerita terkini yang kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top