Jelang HUT Ke-79, TNI Diminta Perbaiki Kepatuhan terhadap Hukum

JAKARTA, virprom.com – Khairul Fahmi, pengamat militer sekaligus pendiri Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), berharap TNI terus meningkatkan kepatuhan terhadap hukum menjelang ulang tahunnya yang ke-79 pada 5 Oktober 2024.

Menurut dia, modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI dan peningkatan kemampuan tempur menjadi isu utama sekaligus kepatuhan terhadap hukum.

Khairul kepada Kompas, Senin (30/9/2024) “TNI harus terus meningkatkan prosedur kepatuhannya untuk memastikan setiap prajurit berperilaku sesuai standar etika militer.”

Khairul mengatakan, kepatuhan terhadap hukum dapat diwujudkan melalui penerapan integritas, profesionalisme, dan disiplin di lingkungan TNI.

Baca Juga: Jokoi Kenkana Dapat Pemberani Terhormat dari Hiu, KSAL: Banyak Bantu TNI

Dengan demikian, menurutnya, TNI dapat menjaga kepercayaan masyarakat dan reputasi yang kuat sebagai lembaga pertahanan yang berwibawa.

Khairul tak memungkiri, TNI menghadapi tantangan dalam menegakkan hukum, meningkatkan profesionalisme, dan menjaga integritas prajurit di semua tingkatan.

“Dalam berbagai operasi, operasi militer non tempur (OMSP) dan misi terkait penegakan hukum, TNI harus memastikan pasukan mematuhi ketentuan hukum terkait, termasuk hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia”.

Oleh karena itu, Khairul mendorong TNI untuk mengedepankan pendidikan dan pelatihan moral militer, terutama untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau pelanggaran yang mencoreng citra TNI di mata masyarakat.

Baca juga: Kisah Johnny, Mulai dari Pengibaran Bendera hingga Lulus Jadi Prajurit TNI

Selain itu, penekanan harus diberikan pada budaya profesional yang kuat, di mana setiap prajurit harus menjaga akuntabilitas, transparansi dan disiplin dalam melaksanakan tugasnya.

Khairul menilai profesionalisme prajurit secara umum sudah membaik, namun insiden kecil ketidakdisiplinan menunjukkan bahwa sistem pengawasan dan evaluasi kinerja internal juga perlu ditingkatkan.

“Membangun integritas lembaga erat kaitannya dengan reformasi internal, termasuk transparansi anggaran dan proses pengadaan pertahanan, sehingga bebas dari potensi korupsi,” ujarnya.

Sekadar informasi, TNI akan merayakan hari jadinya yang ke-79 pada 5 Oktober 2024. Perayaan HUT TNI ke-79 akan digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top