PKB Mengaku Diajak Prabowo Diskusi soal Kabinet, Jumlah Kementerian Masih Dikaji

JAKARTA, virprom.com – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sjaiful Huda mengatakan PKB diundang untuk berbicara dengan Presiden baru terpilih Prabov Subjant terkait pembentukan kabinet.

Namun, kapan susunan menteri akan diputuskan, Huda mengatakan itu adalah hak Prabov.

“Iya nanti kita serahkan ke Pak Prabov. Kita sudah dalam posisi untuk diajak bicara, diajak komunikasi terkait urusan kabinet. Jadi kapan selesainya dan hak Pak Prabov untuk dilaksanakan sepenuhnya, kata Huda saat dihubungi virprom.com, Selasa (9 Oktober 2024).

Baca juga: Prabovo Promosikan Kabinet Zaken, Harapan Baru Profesi Pemerintahan?

Saat ditanya soal jumlah menteri yang diberikan PKB kepada Prabov, Huda mengaku hal itu tidak dibicarakan.

Huda mengatakan, proses revisi masih terus dilakukan untuk menentukan jumlah kementerian di kabinet Prabovo-Gibran.

“Pertama yang masih dikaji adalah berapa kabinet yang akan dibentuk, berapa kementerian yang akan dibentuk, bagaimana formasinya,” ujarnya. 

“Di antara yang sudah ada, apakah ada yang boleh masuk kementerian baru?” Dan mana yang harus disambung, mana yang akan dilepas dan sebagainya. Kalau soal angka, menurutku itu ada di dalam diri Pak. Pak, kata Huda.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, Parpol Persatuan Tertinggi Indonesia (KIM) sudah mulai mengajukan nama-nama yang diusulkan menjadi calon menteri di kabinet pasangan Prabovo Subianto-Gibran Rakabuming.

Baca Juga: Tak Mau Jadi Beban, PSI Percayakan Pembentukan Kabinet ke Prabov

Muzani mengatakan, nama-nama yang diajukan parpol sudah mulai disaring dan dipilah sebelum diputuskan menjadi menteri.

“Di antara partai-partai koalisi, mereka mulai mengajukan nama-nama dan memaparkan beberapa posisi di kementerian. Jumlahnya mulai disebutkan dan mulai dilakukan screening dan penyaringan, perencanaan dan seleksi,” kata Muzani di Aula DPR, Jakarta, Senin (September). 9) 2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top