Pentingnya Rehabilitasi Kardiovaskular Setelah Operasi Jantung

virprom.com – Rehabilitasi jantung berperan penting dalam kesembuhan pasien yang telah pulih dari serangan jantung, kateterisasi, atau operasi jantung.

Rehabilitasi jantung adalah program yang dirancang khusus yang mencakup fokus pada pengobatan, olahraga, nutrisi dan dukungan psikologis bagi pasien kanker.

“Tujuan dari rehabilitasi kardiovaskular adalah untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pasien kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman dan permanen,” kata Dr. Hikmah Setiento SP.JP, subspesialis rehabilitasi preventif-rehabilitasi kardiovaskular.

Program ini memiliki manfaat yang luas, termasuk pemulihan jantung yang lebih cepat, mengurangi risiko serangan jantung kedua, dan membuat pasien merasa lebih sehat dan kuat.

Baca juga: Apa Pertolongan Pertama di Rumah Sakit Saat Serangan Jantung?

Dalam program rehabilitasi, berbagai spesialis bekerja sama untuk membantu pasien, misalnya ahli jantung, ahli terapi fisik dan dokter, ahli gizi, psikolog, dan fisioterapis.

Tim medis ini dapat memberikan perawatan yang penuh kasih, holistik, dan terintegrasi.

“Dokter jantung akan memeriksa dan menangani permasalahan jantung dan pembuluh darah yang mungkin terjadi pasca operasi, serta mengurus pengobatannya,” kata Profesor Buddhi.

Saat ini, ahli terapi fisik dan dokter memastikan otot, tulang, dan persendian pasien siap dan kuat untuk beraktivitas sebelum dan sesudah prosedur medis.

Sementara itu, ahli gizi dapat membantu pasien merencanakan kebiasaan makan yang sehat, dan psikolog atau psikiater akan mengidentifikasi kesehatan mental serta dukungan yang dapat diberikan.

Pasien memerlukan latihan khusus yang dirancang oleh fisioterapis untuk meningkatkan kekuatan kardiovaskular dan kebugaran secara keseluruhan.

“Pengobatan penyakit kardiovaskular merupakan tugas penting, namun sangat penting untuk kesembuhan pasien,” kata Profesor Buddhi yang bekerja di Rumah Sakit Jantung Siloam Diagram Cinere.

Dengan pendekatan terpadu ini, pasien tidak hanya mendapatkan dukungan kesehatan yang lengkap namun juga dibekali dengan alat dan pengetahuan untuk melindungi kesehatannya di masa depan.

Baca juga: Olahraga Apa yang Cocok untuk Penderita Penyakit Jantung? ini yang dikatakan dokter

  Dengarkan pilihan berita dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top