Ibrahim Kobeissi Komandan Hizbullah Tewas Diserang Israel di Lebanon

BEIRUT, virprom.com – Sumber yang dekat dengan kelompok Hizbullah mengatakan pada Selasa (24/9/2024) bahwa serangan Israel di selatan Beirut, Lebanon menewaskan pemimpin utama Ibrahim Kobeissi.

Menurut Israel, Kobeissi adalah salah satu pemimpin Hizbullah, cabang Hamas, yang juga didukung oleh Iran.

Ini merupakan serangan kedua terhadap kubu Hizbullah sejak Senin (23 September 2024). Serangan Israel di Lebanon selatan dan timur telah menewaskan lebih dari 550 orang dan memicu ketegangan.

Baca Juga: Bisakah Iran Membantu Hizbullah Melawan Israel? Ini adalah tanggapan Presiden Pezeshkian

“Serangan Israel di wilayah selatan Beirut menewaskan komandan Hizbullah Ibrahim Kobeissi,” kata sumber itu kepada AFP. Dia meminta anonimitas untuk membahas masalah sensitif.

Israel juga menunjuk Kobeissi sebagai kepala jaringan militer dan rudal Hizbullah.

Militer Israel mengatakan Kobeissi memerintahkan beberapa peluncur roket, termasuk amunisi berpemandu presisi, dan terkena roket Hizbullah bersama dengan pejabat militer lainnya.

“Kobeissi adalah sumber informasi rudal yang sangat penting dan berhubungan dekat dengan komandan militer Hizbullah,” katanya.

Baca juga: Apa Senjata Hizbullah Melawan Israel? Israel mengatakan serangan udaranya mengenai lebih dari 1.300 sasaran Hizbullah dalam 24 jam: Tidak ada pemenang meskipun konflik Israel-Hizbullah semakin meningkat

Ibrahim Kobeissi bergabung dengan Hizbullah pada tahun 1980an dan memegang sejumlah jabatan militer, termasuk komandan Grup Badr, salah satu dari tiga divisi Hizbullah di Lebanon selatan.

Seorang fotografer AFP di lokasi kejadian mengatakan serangan itu menghancurkan dua lantai sebuah bangunan tempat tinggal dan merusak banyak mobil dan sepeda motor di daerah tersebut.

Derek dikirim untuk mengevakuasi orang-orang yang terjebak di rumah mereka, kata fotografer tersebut, sementara derek lainnya memindahkan kendaraan dan membersihkan puing-puing.

Kematian Kobeissi terjadi setelah serangan Israel di selatan Beirut menewaskan pemimpin Hizbullah Ibrahim Aqil pada Jumat (20/9/2024).

Baca juga: 40 Tahun Konflik Rahasia Israel dan Hizbullah, Tebar Ketakutan Berdarah Antara Satu Sama Lain Pilih saluran favorit Anda dan bergabunglah dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top