Presiden Iran Janji Beri Tanggapan Lebih Keras jika Israel Membalas

TEHERAN, Kompass.com – Presiden Iran Massoud Pezheshkian pada Rabu (2/10/2024) menegaskan bahwa Iran sebenarnya tidak bermaksud berperang.

Namun, Iran menjanjikan tanggapan yang lebih keras jika Israel membalas serangan rudalnya.

“Jika (Israel) ingin bereaksi, kami akan memberikan respons yang kuat, Republik Islam berkomitmen untuk itu,” kata Pezeshkian pada konferensi pers bersama dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, di Doha.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran Pernah Peringatkan Nasrullah untuk Tinggalkan Lebanon

“Kami tidak menginginkan perang, Israellah yang memaksa kami bereaksi,” ujarnya seperti dikutip AFP, Kamis (3/10/2024).

Dia berbicara sehari setelah Iran menembakkan hampir 200 rudal, termasuk rudal hipersonik, ke Israel, menyebabkan warga sipil Israel yang ketakutan melarikan diri ke tempat perlindungan.

Israel menangkap sebagian besar dari mereka, sementara dokter mengatakan dua orang menderita luka ringan akibat pecahan peluru. Sebuah rudal merusak gedung sekolah.

Pada hari Rabu, militer Israel mengatakan beberapa rudal Iran mendarat di dalam pangkalan angkatan udara tanpa menyebabkan kerusakan apa pun.

“Tujuan kotor rezim Zionis adalah menciptakan ketidakamanan dan menyebarkan krisis di kawasan,” kata Pezheskian.

“Apa yang kami inginkan dari AS dan negara-negara Eropa adalah memberitahu entitas yang ditempatkan di kawasan (Israel) untuk menghentikan pertumpahan darah,” jelasnya.

Sementara itu, Syekh Tamim memperingatkan bahwa Israel menyeret wilayah tersebut ke dalam “jurang yang dalam” dengan serangannya terhadap Hizbullah di Lebanon.

Baca Juga: Israel membalas setelah tentaranya tewas, 6 orang tewas di Beirut

Emir juga mengutuk serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, dan mengatakan Doha akan melanjutkan upaya untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas Palestina. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top