Usai Gempa, Kepulauan Izu Jepang Dilanda Tsunami Kecil

TOKYO, virprom.com – Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter terjadi di dekat Kepulauan Izu Jepang pada Selasa (24 September 2024). Setelah gempa, tsunami kecil melanda pulau-pulau tersebut.

Gelombang setinggi hingga 50 sentimeter melanda pulau Hachijojima sekitar pukul 09:00 waktu setempat setelah badan tersebut mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah selatan Tokyo, menurut Badan Meteorologi Jepang (JMA).

Tsunami kecil teramati sekitar 45 menit setelah gempa, yang menurut Survei Geologi AS terjadi di kedalaman dangkal 11,7 kilometer.

Baca juga: Siswa Jepang di China Meninggal Sehari Setelah Ditusuk

Menurut JMA, di Pulau Miyajima gelombang tsunami bahkan lebih kecil lagi yakni 10 sentimeter dan dapat diukur.

Seperti dilansir AFP, sekitar 25 ribu orang tinggal di pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik selatan Tokyo.

Beberapa warga mengatakan kepada lembaga penyiaran nasional NHK bahwa mereka tidak merasakan gempa dan tidak ada laporan kerusakan.

JMA mengatakan garis pantai Pasifik Jepang yang luas mulai dari Chiba dekat Tokyo hingga Okinawa dekat Taiwan juga bisa mengalami perubahan kecil pada permukaan laut setelah gempa bumi.

Jepang diketahui terletak di empat lempeng tektonik utama dan mengalami sekitar 1.500 gempa bumi setiap tahunnya, sebagian besar gempa kecil.

Namun, kerusakan dapat dikendalikan bahkan saat terjadi gempa yang lebih kuat berkat teknologi konstruksi canggih dan prosedur tanggap darurat yang telah ditetapkan.

Namun, potensi gempa bumi besar berkekuatan 8-9 skala Richter memiliki peluang sekitar 70% untuk terjadi dalam 30 tahun ke depan, kata pemerintah.

Hal ini dapat mempengaruhi sebagian besar wilayah pesisir Pasifik dan, dalam skenario terburuk, membahayakan nyawa sekitar 300.000 orang.

Pada tahun 2011, gempa bawah laut berkekuatan 9,0 di lepas pantai timur laut Jepang menyebabkan tsunami yang menyebabkan sekitar 18.500 orang tewas atau hilang.

Baca Juga: Ramen Instan Jepang Ini Wajib Disantap dengan Satu Tangan.

Peristiwa tersebut menyebabkan hancurnya tiga reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, yang menyebabkan bencana terburuk pasca perang di Jepang dan kecelakaan nuklir terburuk sejak Chernobyl. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top