Masalah Umum pada Transmisi Mobil Manual yang Membutuhkan Overhaul

SOLO, virprom.com – Mobil bertransmisi manual masih memiliki penggemarnya karena dikenal lebih tangguh dibandingkan bertransmisi otomatis.

Selain itu, dari segi perawatan, mobil manual seringkali dianggap lebih awet, apalagi jika dirawat dengan baik.

Meski demikian, mobil manual pun perlu perawatan rutin agar tetap dalam kondisi prima. Jangan biarkan transmisi dilepas atau kendaraan dirombak.

Baca juga: Jam Operasional Baru Angkutan Umum Depok AC

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan overhaul transmisi merupakan proses pembongkaran komponen transmisi secara menyeluruh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Perombakan transmisi pada mobil bertransmisi manual biasanya dilakukan jika ada kendala, seperti masalah masuk gigi 1, perpindahan gigi sulit, gigi masuk sebentar lalu masuk ke netral, kata Iwan baru-baru ini kepada virprom.com.

Iwan melanjutkan, kelemahan mobil bertransmisi manual yang perlu diperbaiki adalah kebisingan transmisi dan kebocoran oli transmisi.

Baca juga: Ciri-Ciri Truk Volvo di Indonesia, Spesialis Angkutan Barang Berat

“Kerusakan yang paling banyak terjadi biasanya adalah synchro gear yang aus, synchronizer yang aus, bearing dan seal poros input dan output,” kata Iwan.

Meski begitu, kata Iwan, mobil manual jarang sekali bermasalah, kalau matic bisa 1.000 banding satu.

Meski merupakan masalah transmisi manual, namun biasanya terjadi pada kendaraan berat yang lebih sering digunakan untuk mengangkut beban besar atau dalam kondisi ekstrim. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top