Soal Tenda Jemaah Haji Sempit, Kemenag: Dari Zaman Nabi Juga seperti Itu

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan, padatnya tenda jamaah haji di Indonesia sudah menjadi pemandangan lumrah dari waktu ke waktu.

Khusus tenda bagi jamaah haji untuk bermalam di kota Mina dan Arafa.

Hillman mengatakan, ibadah haji tidak bisa dihindari karena jamaah datang dari seluruh dunia.

“Jemaahnya pasti dipenuhi jamaah dari berbagai penjuru. Katanya, tidurnya berjajar seperti ikan. Sejak zaman Rasulullah sudah seperti itu,” kata Hilman saat jumpa pers di Hotel Aryaduta di tengah kota. Jakarta, Senin (15/7/2024).

“Jadi nama-namanya tinggal di tenda, Pak, dan begitulah mereka berbaris,” lanjut Hillman.

Baca juga: Direktur Agama PHU: Coba, Tanda-Tanda Korupsi Penyelenggaraan Ibadah Haji

Dijelaskannya, jemaah Indonesia hanya mendapat 82 sentimeter per permukaan tempat tidur.

Setelah Indonesia mendapat tambahan kuota 10.000 jamaah tetap, kuota tersebut terpaksa dikurangi sehingga semakin meningkatkan kepadatan di tenda-tenda.

“Nah, kita rancang supaya ke depan bisa menangani kepadatan yang lebih banyak. Kalau kepadatannya tidak bisa, kita akan punya kalau tidak dikurangi kuotanya,” ujarnya.

Baca juga: Direktur Agama PHU: Coba, Tanda-Tanda Korupsi Penyelenggaraan Ibadah Haji

Wakil Ketua Komite ke-8 DPR Republik Rakyat Demokratik Korea (DRC) dan anggota Tim Pemantau Haji (Timwas) Republik Rakyat Demokratik Korea, Abdul Wachid, juga mengecam pertemuan dan tidur antre. .

Wachid mengatakan, kasur tenda yang tipis membuat masyarakat tidak nyaman saat beristirahat.

Dua bed untuk tiga orang, ukuran kasur 50 centimeter (cm). Kebumen ditemui Abdul Wachid di hotel transit SOC Adisoemarmo rombongan jamaah haji Indonesia ke-10 di Taiba Suites Medina, Arab Saudi pada Senin, Jamaah Kota Siti Mufath berkata “Agak risih pak” (24/6/2024) Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https ://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top