Apakah Benar Mematikan AC Bikin Mobil Lebih Kuat Menanjak?

KLATEN, virprom.com – Kondisi jalan di Indonesia tidak lepas dari tanjakan, karena sebagian besar wilayah Indonesia berbukit. Sebab, tak hanya menghemat bahan bakar, tapi juga mengharuskan mobil melewati pegunungan dengan susah payah.

Namun kenyataannya masih banyak mobil yang tidak bisa menanjak. Sebagian orang beranggapan salah satu cara agar mobil melaju adalah dengan mematikan AC. Jadi apakah ini benar?

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan sebagian besar AC mobil menggunakan putaran mesin untuk menggerakkan kompresor.

Baca juga: Video Truk Tak Bisa Merangkak ke Pelabuhan, Efek Kelebihan Beban

Kompresor merupakan bagian dari alat arus bolak-balik yang berperan untuk menghasilkan freon yang bertekanan tinggi sehingga zat freon dapat berubah bentuk dari cair menjadi gas. Sistem, kata Hardi kepada virprom.com, Selasa (1/10/2021). 2024).

Hardy mengatakan, dengan AC mati, kompresor tidak akan berputar sehingga tidak membuat mesin stres. Dengan cara ini, seluruh tenaga dapat didistribusikan ke setiap roda penggerak.

“Menghidupkan AC berpengaruh besar terhadap seberapa besar tenaga yang dihasilkan mesin, sehingga dengan mematikan AC harapannya mobil akan semakin bertenaga saat menanjak dan memperbesar peluang suksesnya,” kata Hardy.

Baca juga: Efek Terlalu Lama Menahan Tuas Transmisi L/1 di Tanjakan

Sementara itu, Hardy mengatakan, faktor yang mempengaruhi bisa atau tidaknya sebuah mobil melaju cukup kompleks. Mulai dari beban, tenaga mesin, suara mobil, kemiringan jalan, roda penggerak dan keterampilan pengemudi. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top