Iran Serang Israel, Biden: Jangan Salah, AS Sepenuhnya Dukung Israel

Washington, DC, virprom.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan AS akan mendukung Israel pasca serangan Iran, dengan mengatakan rangkaian serangan tersebut tidak akan berhasil.

Biden kemudian memerintahkan militer AS untuk membantu melindungi Israel dari serangan di masa depan.

Setelah Teheran melakukan tindakan 180 derajat yang belum pernah terjadi sebelumnya, Presiden Amerika Serikat mengatakan kepada wartawan pada Selasa (1/10/2024) bahwa “serangan itu tampaknya gagal dan tidak efektif, serta menunjukkan kemampuan militer Israel dan militer Amerika. .” – Senjata speedball.

Baca juga: Serangan Iran ke Israel Digagalkan Kapal Amerika

Menurut Guardian, pejabat pertahanan AS telah mengumumkan bahwa kapal perusak AS di Mediterania timur telah menghancurkan beberapa rudal Iran. 

Kapal-kapal yang saat ini berada di kawasan tersebut antara lain USS Arleigh Burke, USS Cole, dan USS Bulle. Kehancuran lainnya terjadi di Laut Merah.

“Jangan salah, seluruh Amerika Serikat, sepenuhnya mendukung Israel,” kata Biden.

Wakil presiden Biden dan calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris menggambarkan Iran sebagai kekuatan yang tidak stabil dan berbahaya di Timur Tengah.

Saya berpendapat bahwa Israel memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri melawan Iran dan milisi yang didukung Iran.

Laporan awal menunjukkan bahwa pertahanan udara Israel menembak jatuh sebagian besar rudal yang masuk, meskipun beberapa mendarat di Israel tengah dan selatan, dan tidak sedikit. Setidaknya satu orang tewas di Tepi Barat oleh senjata yang mendarat di dekat kota Jericho.

Korps Garda Revolusi Islam Iran mengatakan serangan itu merupakan pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang dilakukan Israel, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, dan wakil komandan Garda Revolusi Iran, Abbas Nilforosha.

Baca Juga: Iran Serang Israel, Rudal Hipersonik Fatah-1 Tembus Pertahanan Iron Dome

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan bahwa Biden dan Kamala Harris memantau serangan Iran terhadap Israel dari Ruang Situasi Gedung Putih dan menerima pengarahan rutin dari tim keamanan nasional mereka.

Penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, memuji respons terhadap serangan itu sebagai kegagalan Iran.

Baca Juga: Alasan Iran Menyerang Israel Luncurkan 200 Rudal, Termasuk Hipersonik

Di sisi lain, di akhir serangan senjata pun, Donald Trump melalui media sosialnya sendiri, Truth Social, mengatakan bahwa konflik di Timur Tengah saat ini bisa dicegah. Jika dia presiden, hal ini tidak akan pernah terjadi, katanya.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top